Jumat, 24 Apr 2020 18:31 WIB

Masih Ada Mobil Pribadi Lewat Tol ke Arah Cikampek

Rizki Pratama - detikOto
Tol Cikampek hari pertama pelarangan mudik Foto: Rizki Pratama/detikOto
Jakarta -

Aturan larangan mudik sudah mulai diberlakukan hari ini, Jumat (24/4/2020). Aturan ini melarang kendaraan tertentu keluar masuk kawasan yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Baik jalan tol maupun non-tol disiapkan petugas gabungan yang akan memantau kendaraan. Jadi jalanan tidak sepenuhnya ditutup karena ada beberapa jenis kendaraan yang mendapatkan akses berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19.

Dalam aturan tersebut disebutkan kendaraan pribadi jenis mobil penumpang dilarang melewati. Namun, saat dalam pantauan detikcom, Jumat pagi sekitar pukul 8.30 WIB ada beberapa kendaraan pribadi berplat hitam yang lolos dari larangan. Beberapa lainnya yang dianggap berkendara untuk mudik diarahkan untuk kembali ke Jakarta melalui Gerbang Tol Cikarang Barat 4.

Namun tampaknya kendaraan yang lolos tidak terbukti berkendara untuk mudik. Terlihat kendaraan yang lewat hanya berisi satu orang sebagai pengemudi di depan dan satu orang sebagai penumpang di baris belakang sesuai aturan berkendara saat PSBB.

Petugas yang berada titik pemeriksaan mengajukan dan mengecek kendaraan apakah terindikasi melakukan upaya untuk mudik. Operasi ini membagi jalan tersebut menjadi dua, satu untuk kendaraan minibus atau van sedangkan satu lagi untuk truk atau bus.

Dikarenakan ada pemeriksaan untuk setiap kendaraan, situasi jalan saat itu lumayan macet mulai dari Gerbang Tol Cikarang Utama hingga menuju jalan keluar Gerbang Tol Cikarang Barat 4.

Dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 25 Tahun 2020 padahal sudah disebutkan mobil jenis apa yang dapat melintas. Kendaraan dapat melintas disebutkan di pasal 5 ayat 1, di antaranya:

- Kendaraan pimpinan lembaga tinggi Negara Republik Indonesia
- Kendaraan dinas operasional dengan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) dinas Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri)
- Kendaraan dinas operasional petugas jalan tol
- Kendaraan pemadam kebakaran, ambulans, dan mobil jenazah
- Mobil barang dengan tidak membawa penumpang.

Dan pada pasal 5 ayat 2 disebutkan larangan sementara pengguna sarana angkutan penyeberangan dikecualikan untuk:
- Kendaraan pengangkut logistik atau barang kebutuhan pokok
- Kendaraan pengangkut obat-obatan dan alat kesehatan
- Kendaraan pengangkut petugas operasional pemerintah dan petugas pencegahan penyebaran COVID-19
- Kendaraan pemadam kebakaran, ambulans, dan mobil jenazah.





Simak Video "Sebelum Jokowi Larang Mudik, 253 Ribu Pemudik Sudah Masuk Jabar"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com