Jumat, 24 Apr 2020 09:10 WIB

Dilarang Mudik

Bus AKAP Disuruh Putar Balik di Perbatasan Bekasi-Karawang

Luthfi Anshori - detikOto
Bus AKAP Diminta Putar Balik di Perbatasan Bekasi-Karawang Bus AKAP Diminta Putar Balik di Perbatasan Bekasi-Karawang. Foto: Luthfi Anshori/detikOto.
Jakarta -

Pemerintah mulai memberlakukan kebijakan larangan mudik lebaran hari ini, Jumat (24/4/2020). Petugas gabungan pun mulai melakukan operasi di sejumlah ruas jalan.

Di jalur non tol, salah satu pos pemeriksaan (check point) larangan mudik lebaran dilaksanakan di perbatasan Bekasi-Karawang, tepatnya di jalan raya Tanjungpura-Kedunggede, yang terhubung langsung dengan Jalan Raya Pantura.

Pantauan detikOto, kegiatan ini mulai dilakukan sekitar pukul 08.00 WIB. Petugas gabungan yang terdiri dari Polisi, Dishub, TNI, dan Satpol PP mulai memberhentikan seluruh kendaraan yang ingin menuju Karawang. Kendaraan pribadi yang disetop umumnya berpelat nomor B.

Petugas bakal menanyakan ke pengendara soal daerah tujuannya. Jika tujuannya untuk mudik, maka petugas akan memberikan informasi bahwa kegiatan mudik sudah dilarang mulai hari ini. Setelah itu petugas memerintahkan pengendara tersebut untuk putar balik.

Bus AKAP Diminta Putar Balik di Perbatasan Bekasi-KarawangBus AKAP Diminta Putar Balik di Perbatasan Bekasi-Karawang Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Dari pengamatan, kendaraan yang paling sering disuruh putar balik adalah bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi), khususnya yang membawa penumpang. Sementara beberapa bus AKAP yang kosong atau tidak membawa penumpang dibolehkan melanjutkan perjalanan. Hal yang sama juga diberlakukan kepada bus yang melayani rute AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi).

Selain bus, kendaraan lain yang juga sering diperintahkan putar balik adalah kendaraan travel dan mobil minivan. Sementara untuk pengendara motor dan mobil pribadi beberapa diperintahkan putar balik, namun ada juga yang diperbolehkan melanjutkan perjalanan.



Simak Video "Soal Sanksi Penuh Berlaku Hari Ini, Kemenhub: Kewenangan Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com