Kamis, 23 Apr 2020 19:57 WIB

Strategi Polisi Tekan Curanmor saat PSBB

M Luthfi Andika - detikOto
curanmor Ilustrasi kejahatan Foto: Ahmad Bil Wahid/detikcom
Jakarta -

Meski angka kriminalitas mengalami peningkatan, curanmor di Jakarta Timur justru menurun saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Pandemi virus corona yang menghantam sektor bisnis dan ekonomi membuat angka kriminalitas mengalami peningkatan. Kabag Penum Divisi Humas Polri, Asep Adi Saputra, pada awal pekan ini mengungkapkan adanya kenaikan jumlah kejahatan. Di tengah pandemi virus corona dan pelaksanaan PSBB, angak kriminalitas meningkat 11,80%.

Meski demikian untuk wilayah Jakarta Timur, Polresto Jakarta Timur AKBP Hery Purnomo, mengatakan pihaknya telah mengantisipasi peningkatan angka kejahatan tersebut.

"Kalau kita selama PSBB ini sudah melakukan beberapa kegiatan untuk lebih mengamankan wilayah," kata Hery.

Hery pun menjelaskan langkah apa saja yang dilakukan untuk mengamankan wilayah.

"Pertama, melakukan kegiatan pemantauan wilayah atas perintah Polres. Kedua, khusus Satreskrim kita membuat tim-tim khusus bentuknya seperti team Rajawali dan melakukan patroli pada titik dan jam-jam yang dianggap rawan," ujar Hery.

"Untuk unit yang lain kita sebar, untuk melakukan penyelidikan dan kita menghidupkan kembali Kring Serse di masing-masing wilayah. Kita bagi wilayah untuk menguasai wilayah-wilayah yang sudah dibagi. Mereka harus punya orang-orang yang bisa memberikan informasi, seperti RT, RW Siskomas atau masyarakat yang lain. Sehingga apabila terjadi kejahatan atau indikasi akan melakukan tindak pidana, bisa melaporkan ke kita, dan kita langsung mengamankan," Hery menambahkan.

Terakhir, Hery mengatakan personil ditambah untuk bisa lebih mengamankan masyarakat.

"Kemarin untuk wilayah Jakarta Timur ada penambahan personil dari Polda, dan nanti akan kita persiapkan akan menjadi team lapangan. Selain itu kita akan perkuat team-team khususnya," pungkas Hery.



Simak Video "Suasana Bundaran HI Pagi Ini di Masa PSBB Ketat"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com