Kamis, 23 Apr 2020 14:42 WIB

Awas Kejahatan Marak, Ini Alat Pengaman Tambahan yang Bisa Dipasang di Mobil

Rizki Pratama - detikOto
Pencurian mobil di Badung Waspada kejahatan marak, pasang alat tambahan keamanan kendaraan (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Tekanan ekonomi yang muncul akibat pandemi virus Corona meningkatkan angka kriminalitas termasuk pencurian kendaraan bermotor. Tidak sedikit laporan pencurian kendaraan bermotor menghiasi pemberitaan mengenai Corona belakangan ini.

Bagi yang belum menjadi korban ada baiknya meningkatkan kewaspadaan agar tidak menjadi target selanjutnya. Ada beberapa persiapan keamanan yang setidaknya dapat membuat mobil lebih aman.

"Perangkat keamanan yang dibutuhkan bisa saja berupa sistem elektonik dan pengaman yang mekanis atau manual," kata Service Manager Auto2000, Suparna kepada detikcom.

Untuk keamanan secara elektronik sebenarnya sudah ada alarm yang sudah menjadi standar mobil-mobil terkini. Menambahkan saklar tersembunyi untuk menyalakan mesin juga dapat menjadi opsi

"Pengaman elektronis antara lain alarm yang sekarang sudah ada sensor getarnya. Bisa juga langkah memodifikasi dengan memasangkan saklar atau tombol rahasia penghidup mesin. Untuk kendaraan terkini malah sudah dilengkapi dengan immobilizer yang juga lebih sulit bagi pencuri untuk melakukan aksi kejahatannya," jelas Suparna.

Secara manual perangkat keamanan yang dapat ditambahkan adalah penambahan plat pada kunci pintu atau memasang kunci stir tambahan. Pemasangan plat kunci akan menyulitkan orang lain membobol kunci pintu. Hal kecil yang cukup berperan seperti menyelimuti mobil juga ampuh mengurangi minat pencuri mobil.

"Kunci pintu dimodifikasi dengan pemasangan plat atau perangkat khusus yang menyulitkan membuka mobil lewat kunci pintu. Bisa juga dengan memasangkan kunci steer mobil yang mana banyak sekali jenisnya. Memasangkan cover mobil dengan kualitas bagus yang banyak pengikat atau kunciannya juga akan mengurangi minat pencuri melakukan aksinya," tangkas Suparna.



Simak Video "KRL Kerap Penuh oleh Pekerja, Gugus Tugas Terbitkan Aturan Jam Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com