Rabu, 22 Apr 2020 13:21 WIB

Senja Kala Mobil Transmisi Manual

Luthfi Anshori - detikOto
transmisi manual Ilustrasi transmisi manual di mobil.Foto: detikOto
Jakarta -

Sistem transmisi otomatis mendominasi produk mobil keluaran terbaru saat ini. Bagaimana dengan mobil transmisi manual, apakah masih punya masa depan?

Data dari Edmunds mengatakan hanya ada 41 mobil baru bertransmisi manual (13%) dari 327 mobil baru yang dijual di Amerika Serikat pada 2020.

Angka itu menurun, terutama jika dibandingkan dengan data tahun 2011, di mana sebanyak 37% mobil yang dijual di AS, masih menggunakan transmisi manual.

Turunnya produksi mobil bertransmisi manual tentunya dikarenakan makin menurunnya permintaan konsumen terhadap tipe transmisi ini. Mobil dengan transmisi otomatis lebih disukai karena lebih mudah digunakan.

Selain itu, sistem transmisi otomatis juga lebih mudah dikembangkan. Bahkan pabrikan juga mengembangkan sistem transmisi manual pada transmisi otomatis, untuk memberi sensasi mengoper gigi pada transmisi otomatis.

Meski saat ini pabrikan otomotif lebih banyak membuat mobil transmisi otomatis, bukan berarti transmisi manual kehilangan peminatnya. Bagi beberapa orang, mobil bertransmisi manual justru lebih asyik dikendarai karena dianggap memiliki tenaga yang lebih responsif di rpm bawah dan minim loss power saat dilakukan perpindahan gigi.



Simak Video "Mengetes Transmisi Manual Mobil Sejuta Umat"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com