Kamis, 16 Apr 2020 09:16 WIB

7 Mobil Tercepat yang Boleh Melintas di Jalan Raya

Rizki Pratama - detikOto
7 Mobil tercepat Mobil legal tercepat Foto: Autocar
Jakarta -

Di dunia ini banyak sekali mobil-mobil yang dapat melaju dengan kecepatan luar biasa. Beberapa di antaranya ada yang boleh melintasi di jalan raya ada pula yang dibuat hanya untuk sirkuit.

Nah, berikut ini daftar mobil-mobil dengan kecepatan maksimal dan diuji langsung. Dengan kata lain kecepatan yang dicapai mobil ini didapat berdasarkan pengujian langsung, bukan klaim dari produsennya.

7. McLaren F1 - 386 kpj

7 Mobil tercepat7 Mobil tercepat Foto: Autocar

Mobil ini terkenal karena dibuat oleh pembalap Andy Wallace di jalur uji coba Ehra-Lessien milik Volkswagen pada bulan Maret 1998. Torehan top speed tersebut didapat setelah rev limiter dinaikkan menjadi 8.300 rpm. Sampai saat ini belum ada catatan bahwa McLaren F1 ini dapat melaju lebih dari 386 kpj. Capaian itu berasal dari mesin V12 6,1 liter tanpa modifikasi sama sekali.

6. Koenigsegg CCR - 388 kpj

7 Mobil tercepat7 Mobil tercepat Foto: Autocar

Selanjutnya mobil tercepat dari daftar ini adalah Koenigsegg CCR yang membukukan catatan tercepatnya di trek uji Nardo Italia pada Februari 2005. Model produksi kedua Koenigsegg ini menggunakan mesin V8 4,7 liter twin-supercharged untuk menghasilkan tenaga 800bhp. Perolehan itu tak bertahan lama, hanya berselang dua bulan Bugatti Veyron melampauinya.

5. Bugatti Veyron 16.4 - 408 kpj

7 Mobil tercepat7 Mobil tercepat Foto: Autocar

Pada saat itu mobil ini adalah mobil jalanan paling mahal dan paling kuat yang pernah dibuat, tetapi bos VW Group ingin Bugatti Veyron menjadi mobil tercepat tercepat di dunia juga. Mesin W16 8.0-liter-turbocharged menghasilkan 987bhp dengan transmisi otomatis tujuh percepatan untuk penggerak empat roda.. Untuk mendapatkan kecepatan maksimal ada kunci khusus yang membuat sayap mobil berubah posisi, menutup difuser depan dan menurunkan ground clearance.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com