Selasa, 07 Apr 2020 20:51 WIB

Corona Tidak Batalkan Pameran Motor di Italia Tahun Ini

Rizki Pratama - detikOto
EICMA Girls di Milan, Italia EICMA tetap ngegas tahun ini Foto: EICMA
Jakarta -

Salah satu pameran motor terbesar di dunia, yaitu EICMA akan tetap diselenggarakan. Seperti diketahui EICMA diselenggarakan di Milan, Italia. Negara tersebut kini menempati peringkat kedua kasus positif virus corona di Eropa setelah Spanyol.

Ssampai saat ini EICMA belum memutuskan bagaimana nasib pameran tersebut. Presiden Konfederasi Industri Umum Italia, Paolo Magri mengatakan kepada media Italia bahwa penyelenggara EICMA sudah berdiskusi dengan produsen internasional untuk menemukan solusi yang tepat.

"Ini adalah momen kompleks dalam evolusi yang membutuhkan kohesi dan kami perlu memperhatikan apa keinginan industri roda dua dan pemasoknya. Untuk alasan itu, kami sudah berdiskusi dengan produsen nasional dan internasional terbesar untuk mengevaluasi setiap solusi yang mungkin sehubungan dengan acara kami, dengan mempertimbangkan evolusi krisis kesehatan," katanya.

Terlepas belum adanya kepastian dari EICMA, BMW Motorrad dan KTM sudah balik kanan lebih dulu. Kedua merek motor itu sudah menarik diri dari keikutsertaannya di EICMA 2020. Penyelenggara menghormati keputusan kedua merek tersebut.

BMW telah mengumumkan dirinya tidak ikut EICMA dan pameran lainnya awal April ini. BMW menggunakan solusi lain peluncuran produknya seperti menggunakan platform digital video atau alternatif lainnya.

"BMW Motorrad akan menghadirkan produk baru yang direncanakan untuk pameran sepeda motor ini pada platform alternatif pada musim gugur 2020. Dengan melakukan hal itu, perusahaan akan semakin bergantung pada format dan saluran komunikasi digitalnya sendiri," tulis perusahaan itu dalam siaran pers.

Beberapa hari berselang, KTM juga mengeluarkan pernyataan serupa. Keputusan ini tentun juga diikuti dua anak perusahaannya, Husqvarna dan GasGas.

"Pameran adalah tonggak bisnis utama bagi seluruh industri sepeda motor, tetapi mengingat situasinya, kesehatan masyarakat dan kesejahteraan staf kami adalah prioritas yang lebih tinggi selama beberapa bulan mendatang. Kami telah mengambil tindakan ini dengan banyak pemikiran dan sebagai sebuah perusahaan KTM AG berharap promotor pertunjukan, khususnya EICMA mempertimbangkan agendanya pindah ke tahun 2021 di mana kami berharap berharap situasinya akan berakhir," ujar CMO KTM, Hubert Trunkenpolz.

Sesuai rencana, EICMA akan diselenggarakan pada November 2020 nanti. Berdasarkan pernyataan penyelenggara, belum ada perubahan dari jadwal pameran tersebut.



Simak Video "Bentuk Dukungan Selebriti untuk Memerangi COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com