Sabtu, 04 Apr 2020 13:43 WIB

Corona Turunkan Harga Minyak Dunia!

Rizki Pratama - detikOto
Tambang minyak Pertamina EP di Bojonegoro. Corona turunkan harga minyak dunia Foto: Dok. Pertamina
Jakarta -

Pandemi corona terus menyerang berbagai sektor di luar kesehatan. Menurunnya aktivitas bepergian berarti mengurangi penggunaan kendaraan dan berujung pada minimnya permintaan bahan bakar.

Kondisi ini dapat menyebabkan penurunan harga minyak dunia. Karena alasan ekonomi para produsen minyak menjaga peralatan mereka tetap beroperasi di saat permintaan menurun. Berarti saat ini stok minyak selalu dalam keadaan kapasitas maksimum.

Dilansirkan dari CNN, harga minyak mentah di AS saat ini telah turun menjadi sedikit di atas USD 20 per barel atau sekitar Rp 331 ribu pada akhir Maret. Harga ini merupakan yang terendah 18 tahun terakhir.

"Permintaan turun begitu cepat relatif terhadap pasokan sehingga masalah utama banyak produsen tidak dapat memastikan laba operasi kecuali jika mereka dapat menemukan outlet untuk minyak mentah mereka," kata JBC Energy seperti dikutip oleh CNN.

Dari sudut pandang ekonomi ini adalah kondisi yang sangat buruk karena sebagian besar fasilitas produksi di seluruh dunia telah menutup pintu mereka. Belum lagi tidak ada yang bisa menebak situasi seperti akan berlangsung berapa lama.

Produksi minyak adalah industri utama bagi sejumlah negara, termasuk AS. Apabila sektor ini lumpuh maka akan akan memberikan pengaruh besar yang lebih luas.

Sisi positifnya saat ini adalah pengurangan bahan bakar fosil berarti udara yang kita hirup lebih bersih dari zar beracun.



Simak Video "Rumah Sakit di Israel Overload Pasien Corona!"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com