Sabtu, 04 Apr 2020 09:13 WIB

Akibat Corona Suzuki Pasrah Soal Ekspor

M Luthfi Andika - detikOto
Ngintip Pabrik Suzuki di Cikarang yang Lebih Canggih dari Jepang Pabrik Suzuki di Indonesia Foto: detik.com
Jakarta -

Pandemi virus corona semakin mengkhawatirkan, berbagai pabrikan otomotif di Indonesia menyatakan akan menghentikan sementara produksi mereka. Sebut saja seperti Yamaha, Honda Mobil dan Suzuki akibat pandemi virus corona.

Bahkan soal ekspor, Suzuki baik motor dan mobil menyatakan pasrah dan lebih menunggu pandemi virus corona ini berlalu. Seperti yang disampaikan Head of PR and Digital, Rudiansyah kepada detik.com.

"Soal ekspor, kalau bulan ini (April 2020-Red) belum tahu ada permintaan ada atau tidak. Karena kan ini (pandemi virus corona-Red) global (seluruh negara mengalaminya-Red) kalau dari kita stok siap semua," kata Rudi.

Meski demikian, Rudi memastikan untuk ekspor kendaraan pada bulan Maret 2020 bisa dikatakan aman tanpa ada permasalahan.

"Intinya kita belum ada kendala sejauh ini, karena memang kita ada stok kemarin, tapi ke depannya kita belum tahu perkembangan seperti apa (apakah ekspor terganggu atau tidak akibat pandemi virus corona-Red). Bulan kemarin (Maret 2020) masih aman dan masih sesuai dengan rencana," ujar Rudi.

Penghentian sementara kegiatan produksi Suzuki akan berlangsung selama dua minggu, mulai dari 13 April 2020 sampai 24 April 2020 di ketiga lokasi pabrik Suzuki, yaitu di Cakung, Tambun, dan Cikarang.

Keputusan penghentian produksi sementara ini sebelumnya juga sudah dilakukan Yamaha Motor Indonesia dan Honda Mobil Indonesia. Ketiga produsen kendaraan tersebut sama-sama setop produksi sementara selama dua pekan karena imbas pandemi Corona.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com