Jumat, 20 Mar 2020 15:51 WIB

Tesla Akhirnya Tutup Pabrik karena Corona, Ikut Gotong-royong Bikin Ventilator

Rizki Pratama - detikOto
Elon Musk Elon Musk akhirnya memutuskan akan menutup pabrik Tesla dan membantu pembuatan ventilator untuk membantu pasien corona (Reuters)
Jakarta -

Bos Tesla, Elon Musk sebelumnya sesumbar dan mengatakan bahwa orang yang panik karena corona adalah orang bodoh. Ia pun tidak menghentikan proses produksi pabriknya yang terletak di California, Amerika Serikat.

Namun, kesombongan Musk berakhir. Pabrik mobil Tesla di California pun produksinya kini akan dihentikan untuk sementara. Kini Tesla, melalui Musk, malah menawarkan diri untuk membantu membuat alat kesehatan berupa ventilator untuk rumah sakit atau tempat karantina.

Pernyataan ini disampaikan dalam satu balasan di media sosial twitter yang meminta Musk menggunakan pabrik Tesla untuk membuat ventilator. Ia menjelaskan pengalihan fokus produksi dapat dilakukan tapi tidak bisa instan.

"Kami akan membuat ventilator jika ada kekurangan. Tidak dapat diproduksi secara instan," jawab Musk melalui akun twiter pribadinya.

Tak lama kemudian Walikota New York City, Bill de Blasio menghubungi Musk secara langsung. Blasio meminta bantuan Musk untuk menyediakan ribuan ventilator ke kota dalam beberapa minggu mendatang. Musk merespon dan akan segera menghubungi tim dari pemerintahan kota tersebut.

"Kedengarannya bagus, kami akan terhubung dengan tim Anda untuk memahami kebutuhannya," jawab Musk.

Selain Tesla sudah banyak perusahaan otomotif dari berbagai negara mengalihdayakan fasilitas produksi serta teknisinya untuk meredam corona. Di China Wuling membuat masker dan pakaian medis. Di Amerika Serikat Ford dan General Motors sedang berdiskusi dalam pengadaan ventilator melalui pabrik.

Begitu juga di Italia adan Ferrari dan Fiat Chrysler yang siap membuat alat kesehatan juga. Di Italia, Ferrari dan Fiat Chrysler bekerjasama dengan produsen alat kesehatan setempat.



Simak Video "Elon Musk Geser Bill Gates Sebagai Orang Terkaya Kedua di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com