Rabu, 11 Mar 2020 15:59 WIB

Terobos Lampu Merah Ditilang Rp 500 Ribu, Ini Daftar Denda E-TLE

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Pemasangan kamera tilang elektronik atau E-TLE diperluas. Kali ini kamera e-TLE yang dipasang di Jalan Gajah Mada, Jakarta, siap memantau pengendara yang melanggar lalu lintas. Pengendara dipantau sistem E-TLE. Dendanya cukup besar, lho. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Pengguna kendaraan bermotor saat ini tak bisa sembarangan melanggar lalu lintas. Soalnya, pengendara dipantau terus oleh kamera CCTV. Mereka yang melanggar dan tertangkap kamera CCTV siap-siap langsung ditilang.

Saat ini di beberapa wilayah telah diberlakukan sistem tilang elektronik atau E-TLE (electronic traffic law enforcement). Berbekal kamera CCTV, polisi bisa memantau dan mengidentifikasi pelanggar lalu lintas. Pengendara yang melanggar akan mendapatkan surat tilang yang dikirim ke alamat sesuai identitas kendaraan bermotornya.

Pengendara mobil dan sepeda motor bisa dijerat tilang elektronik ini. Denda tilangnya pun cukup mahal, ada yang sampai Rp 750 ribu.

Biasanya yang terjaring E-TLE adalah mereka yang menerobos jalur bus TransJakarta, tidak mengenakan helm untuk pemotor, bermain ponsel sambil berkendara, hingga melanggar marka dan menerobos lampu merah. Pengendara mobil yang melanggar peraturan ganjil-genap atau tidak mengenakan sabuk pengaman juga akan ditilang melalui sistem E-TLE.

Denda tilang untuk pelanggar yang terekam kamera E-TLE akan mengikuti Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dalam peraturan tersebut sudah dijabarkan denda maksimal dari pelanggaran lalu lintas.

Pemotor yang tertangkap tilang elektronik karena tidak menggunakan helm SNI, menurut UU No. 22 Tahun 2009 akan terancam pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250.000. Begitu juga pemotor yang membiarkan penumpangnya tidak menggunakan helm SNI akan dikenakan ancaman hukuman yang sama.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com