Senin, 09 Mar 2020 16:53 WIB

Sepeda Motor Listrik Berpedal, Bakal Masuk Kategori Kendaraan Bermotor?

Ridwan Arifin - detikOto
sepeda listrik Migo Sepeda motor listrik Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta -

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah menggodok klasifikasi kendaraan listrik. Salah satunya adalah sepeda motor listrik yang menggunakan pedal. Sebenarnya kendaraan ini masuk kendaraan bermotor atau tidak ya?

Kepala Sub Direktorat Uji Tipe Kendaraan Bermotor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Dewanto Purnacandra, mengatakan klasifikasi tersebut nantinya juga akan dibahas dan masuk ke dalam revisi Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Sudah ada pembahasan (untuk-Red) revisi UU 22," kata Dewanto di Jakarta belum lama ini.

"Itu (klasifikasi sepeda motor listrik-Red) mungkin akan dimasukan, karena masih ada yang kosong, kita belum atur, seperti tadi pedal," ungkapnya.

Ia menjelaskan sepeda motor listrik yang menggunakan pedal bila dilihat masuk ke dalam kategori kendaraan bermotor. Sebab kendati menggunakan pedal, terdapat motor penggerak.

"Di undang-undang kendaraan dibagi dua, bermotor dan tidak bermotor," ujar Dewanto.

"Bermotor diatur kecepatan minimum 25 km, kemudian minium (saat) pengujian 40 km, dan untuk sepeda itu kan tidak akan sampai," ujar dia.

Sesuai UU No 22 Tahun 2009 LLAJ definisi tentang kendaraan tidak bermotor adalah setiap Kendaraan yang digerakkan oleh tenaga manusia dan/atau hewan. Untuk klasifikasi sepeda motor yang menggunakan pedal, akan masuk ke dalam kategori baru.

"Sepeda kan (digerakkan-Red) manusia tapi ada motornya itu yang belum diatur, dan mungkin nanti direvisi undang-undang. Coba kami masukan, masuk kendaraan bermotor tapi kendaraan yang digerakkan oleh manusia dengan alat bantu," ujar Dewanto.



Simak Video "Pakai Motor Listrik, PLN Aceh Inspeksi Aset"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com