Jumat, 06 Mar 2020 18:58 WIB

Bisa Dicontoh, Pengemudi Pakai Earphone Dirazia di India

Luthfi Anshori - detikOto
Razia earphone pengemudi bajaj di India Razia earphone pengmudi bajaj di India.Foto: Cartoq
Jakarta -

Polisi lalu lintas di kota Mumbai, India, melakukan tindakan tegas dengan merazia earphone sopir bajaj yang digunakan ketika mereka bekerja. Razia ini dilakukan kepada sejumlah pengemudi bajaj di Mira Road, kawasan metropolitan Mumbai.

Dikutip dari Cartoq, operasi keselamatan berkendara ini secara khusus ditujukan untuk para pengemudi bajaj. Polisi menghampiri para pengemudi bajaj dan mengumpulkan earphone tersebut hingga segulung besar earphone. Tanpa ampun, Polisi langsung membakarnya sampai habis.

Langkah ekstrem ini diambil setelah Kepolisian Mumbai menerapkan larangan tidak boleh menggunakan earphone saat berkendara kepada para pengemudi bajaj. Namun kebijakan ini dirasa belum efektif, sehingga Polisi turun langsung ke lapangan dan menyita, bahkan membakar earphone-earphone tersebut.

Sebuah video singkat menunjukkan aksi Polisi Mumbai saat menyita earphone para pengemudi bajaj dan kemudian membakarnya di sekitar mereka. Cari ini diyakini akan membuat para pengemudi bajaj tersebut jera dan tidak lagi menggunakan earphone saat mereka berkendara.

Mendengarkan musik melalui earphone saat berkendara memang bukan perilaku baik. Sebab hal ini akan meningkatkan risiko kecelakaan. Terlebih jika mendengarkan dengan volume yang terlalu besar.

Dikatakan Instruktur Safety Riding, Andry Berlianto, mendengarkan musik melalui earphone saat berkendara, bisa mengurangi konsentrasi pengemudi. "Kalau konsentrasi sudah teralihkan maka reaksi kita akan melambat. Melambatnya reaksi itu justru bisa berpotensi menimbulkan kecelakaan," ujarnya.

[Gambas:Youtube]

Bisa Dicontoh, Pengemudi Pakai Earphone Dirazia di India


Simak Video "Anti-Distraction Pakai Earphone Terbaru vivo TWS Neo"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com