Selasa, 03 Mar 2020 06:38 WIB

Punya Gaji Rp 3-4 Jutaan Per Bulan, Bisa Beli Mobil Enggak Ya?

Luthfi Anshori - detikOto
Suzuki XL7 Gaji Rp 3-4 jutaan, bisakah beli mobil? (Luthfi Ansori/detikOto)
Jakarta -

Kemunculan mobil murah membuat lebih banyak kelompok ekonomi bisa memiliki kendaraan roda empat. Kalau punya gaji bulanan Rp 3-4 jutaan, apa masih mungkin beli mobil?

Dijelaskan Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho, orang dengan penghasilan antara Rp 3 juta-Rp 4 juta per bulan, bisa saja menyisihkan uang untuk membeli mobil. Tapi lebih penting dari itu, seberapa butuhkah orang tersebut terhadap kendaraan roda empat.

"Menurut saya pribadi sebelum kita memutuskan ambil mobil dengan kondisi gaji 3 sampai 4 juta, pertanyaannya adalah udah seberapa urgent sih kita untuk punya mobil?," kata Andy dalam perbincangan dengan detikOto.


Andy menduga, orang yang berpenghasilan antara Rp 3 sampai Rp 4 juta per bulan adalah mereka yang baru lulus kuliah dan baru pertama kali kerja. "Atau mungkin orang-orang yang sudah sekian lama bekerja, tapi penghasilan belum terlalu besar. Dan mungkin mereka sudah mulai berkeluarga," terang Andy.

Lanjut Andy menjelaskan, sebelum mereka memutuskan membeli mobil perlu dilihat dahulu kebutuhannya seperti apa. Artinya misalkan dia sudah berkeluarga, harus diutamakan dulu kebutuhan primernya seperti pangan, papan, sandang, termasuk juga kebutuhan pendidikan untuk anak-anaknya.

"Kalau memang itu belum bisa dicukupi, saya nggak menyarankan dia menyisihkan uang untuk ambil mobil, walaupun dia butuh karena mungkin suatu ketika dia harus jalan-jalan sama keluarganya," lanjut Andy.

Kemudian untuk pekerja yang baru memulai karier setelah lulus kuliah serta berstatus lajang, juga perlu melihat seberapa mendesakkah kebutuhan memiliki mobil pribadi.



"Kalau kemudian kebutuhannya untuk (taksi online) misalnya mau nge-Grab atau Gocar, itu masih diperbolehkan. Tapi kalau misalnya hanya untuk sekadar lifestyle punya-punyaan aja. Saya sih belum melihat itu sebagai suatu yang urgent," terang Andy.

"Bahkan buat orang yang sudah berkeluarga, sudah punya anak. Terus kemudian mereka merasa butuh mobil untuk jalan-jalan sama keluarga (itu pun belum terlalu mendesak). Karena misal dia dalam seminggu lebih banyak memakai motor atau angkutan umum ke tempat kerja, berarti mobilnya hanya dipakai Sabtu-Minggu doang. Kalau saya sih daripada untuk beli mobil karena itu butuh maintenance juga, mending dia pakai Grabcar atau Gocar untuk jalan-jalan sama keluarga," tambahnya lagi.


Namun jika memang benar-benar sudah membutuhkan sebuah mobil, Andy menyarankan menabung dulu untuk biaya uang muka.

"Karena dengan penghasilan seperti (Rp 3 juta-Rp 4 juta) itu, enggak yakin lolos BI checking sih. Kecuali sudah menabung sejak jauh hari, kemudian nge DP-innya jauh lebih besar dibandingkan promo dealer," pungkasnya.



Simak Video "Mobil Terbang Buatan Belanda Kantongi Izin Beroperasi di Eropa"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com