Senin, 24 Feb 2020 15:20 WIB

Hasil Studi: Motor Bisa Kurangi Macet!

Rizki Pratama - detikOto
Antrean panjang kendaraan terlihat di Jalan Sudirman, Jakarta. Kemacetan itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Kata hasil penelitian, jika mobil diganti motor, macet dapat berkurang. (Agung Pambudhy/detikOto)
Jakarta -

Mengikuti negara lain, Indonesia akan melarang motor melaju di jalan Nasional. Namun, hasil studi justru menunjukkan motor bisa kurangi macet.

Diberitakan sebelumnya, Anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Nurhayati Monoarfa mengungkapkan wacana untuk mengatasi kemacetan dengan cara mengurangi akses jalan sepeda motor. Ia mengatakan bahwa beberapa jalan nasional di negara lain sudah menerapkan aturan yang sama.

Tapi hasil riset oleh asosiasi industri sepeda motor di Belgia, FEBIAC, justru mengatakan motor dapat menjadi solusi mengatasi kemacetan. Penelitian ini menemukan jika seperempat dari pengguna mobil diganti dengan motor maka kemacetan dapat berkurang.

Riset itu juga menyimpulkan kemacetan bisa berkurang setengahnya apabila 10 persen pengguna mobil berubah menjadi pengguna sepeda motor. Data ini juga menghasilkan ruang parkir 20 persen lebih banyak jika mobil diganti dengan motor. Sedangkan jika 40 persen pengguna mobil berganti jadi pengguna motor maka kemacetan sepenuhnya akan hilang.

Jika dipikir secara gamblang memang jelas sekali ukuran sepeda motor dan mobil berbeda jauh. Apalagi ini akan efektif jika pengguna mobil benar-benar sendirian di dalamnya.

Belgia bahkan melakukan sebuah kampanye kepada warganya agar menggunakan sepeda motor dengan tajuk Ride to Work Day. Saat ini di Belgia, tidak semua pemilik sepeda motor atau skuter menggunakan kendaraan roda duanya untuk beraktivitas. Di sana, sepeda motor dianggap sebagai kendaraan untuk dipakai di hari libur.

Hasil riset itu juga menemukan bahwa menggunakan sepeda motor akan mengurangi stres. Selain mengurangi stres karena macet dan susahnya mendapatkan parkir, mengendarai sepeda motor juga menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Disebutkan, dengan kendaraan roda dua, pengendara dapat menghindari stres karena macet dengan menyalip di antara barisan mobil yang terjebak kemacetan. Mengutip Brussels Express, di jalanan Belgia yang macet, pengendara sepeda motor dan skuter bisa melaju lebih cepat dengan bermanuver di antara mobil-mobil.



Simak Video "Tebar Teror, 3 Anggota Geng Motor di Sukabumi Diringkus!"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com