Senin, 24 Feb 2020 06:15 WIB

Seharga Rp 82,6 Miliar, Ini Mobil Listrik Pemadam Kebakaran yang Revolusioner

Doni Wahyudi - detikOto
Truk Pemadam Kebakaran bertenaga listrik Truk pemadam kebakaran ditenagai listrik (LAFD)
Jakarta -

Sangat berbeda dibanding model sejenisnya, mobil pemadam kebakaran ini ditenagai listrik. Punya tampilan modern minimalis, truk listrik ini memiliki kemampuan tinggi.

Adalah Pemadam Kebakaran Kota Los Angeles yang memiliki truk listrik pemadam kebakaran ini. Akan mulai dioperasikan pada 2021, mereka jadi pemadam kebakaran pertama di Amerika Utara yang punya mobil yang ditenagai listrik.

Truk pemadam kebakaran ini diproduksi oleh Rosenbauer, sebuah perusahaan asal Austria. Spesifikasi truk ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan Divisi Pemadam Kebakaran Los Angeles.

Truk pemadam kebakaran ditenagai listrikTruk pemadam kebakaran ditenagai listrik Foto: LAFD



Truk pemadam kebakaran ini ditenagai dua buah baterai dengan kapasitas 100 kilowat-hours. Dengan tenaga sebesar itu truk ini bisa bekerja selama dua jam nonstop.

"Saya antusias karena kami adalah departemen pemadam kebakaran pertama di Amerika Utara yang memiliki mesin modern dan canggih ini. Ini adalah peralatan inovatif yang membantu mengurangi kebisingan dan emisi diesel yang berbahaya. Namun begitu, truk ini tetap menjadi alat bantu yang fleksibel untuk memadamkan api dan melaukan tugas penyelamatan dengan platform teknologi terdepan," ucap kepala Pemadam Kebakaran Los Angeles, Ralph Terrazas, dikutip dari DailyMail.

Meski ditenagai listrik, truk ini juga memiliki mesin diesel di dalamnya untuk menambah durasi operasional jika dibutuhkan. Satu unit truk listrik ini dibanderol US$ 6 juta, atau sekitar Rp 82,6 miliar.



Simak Video "Mobil Listrik Anak Bangsa, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com