Kamis, 20 Feb 2020 10:13 WIB

Ini Kendaraan Listrik Terbesar di Dunia, Bobotnya 290 Ton

Doni Wahyudi - detikOto
Dump Truck Listrik Dump Truck ini jadi kendaraan listrik terbesar di dunia (Anglo American)
Mogalakwena -

Kendaraan listrik mulai dipakai di beragam industri berat. Afrika Selatan memecahkan rekor kendaraan listrik terbesar di dunia saat mengoperasikan dump truk berbobot 290 ton.

Dikutip dari DailyMail, dump truk berbobot 290 ton itu dioperasikan pada sebuah pertambangan platinum di Afrika Selatan. Ini tercatat menjadi kendaraan listrik terbesar dan terberat di dunia, mengalahkan rekor sebelumnya sebuah truk dumper dengan berat 'hanya' 45 ton.

Disebutkan, dump truk raksasa itu merupakan kendaraan yang sepenuhnya digerakkan menggunakan tenaga listrik. Sumber tenaganya menggunakan beterai lithium dan hidrogen. Kombinasi itu menggantikan mesin diesel yang biasanya menjadi sumber tenaga truk-truk pertambangan.

Ini Kendaraan Listrik Terbesar di Dunia, Bobotnya 290 TonFoto: Anglo American



Mampu menghasilkan energi sebesar 1.000 kilowatt-hour, truk ini sangat ramah lingkungan. Satu-satunya buangan yang dihasilkan adalah air. Hebatnya lagi, truk ini bisa mengambil, menyimpan, dan kemudian menggunakan energi kinetik yang dihasilkan saat melakukan pengereman.

Truk ini akan dioperasikan pada pertambangan yang terletak d Mogalakwena, Afrika Selatan, paling lambat di akhir 2020. Pertambangan tersebut dimiliki oleh perusahaan Anglo American.



Simak Video " Polri Pamer Desain Pelat Nomor Mobil Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com