Selasa, 18 Feb 2020 19:10 WIB

Ambulans Pelat Hitam, Siaga di Lokasi Konser sampai Pertandingan Olahraga

Ridwan Arifin - detikOto
Ambulans Ambulans sewaan berpelat hitam juga sering dipakai untuk acara konser, pertandingan olahraga, atau event-event lainnya (Zunita/detikcom)
Jakarta -

Menjalankan bisnis sewa ambulans bukan berarti hanya wara-wiri ke rumah sakit. Sering juga ambulans pelat hitam main ke konser musim atau laga olahraga.

Keadaan darurat memang tak kenal waktu dan tempat. Kondisi inilah yang dilihat sebagai peluang oleh Affan Yuswono. Affan adalah pengusaha sewa ambulans pelat hitam.

Dari beberapa pelanggan yang datang, tidak semuanya melulu berurusan dengan rumah sakit. Armadanya sering disewa untuk bersiaga saat digelar konser musik, pertandingan olahraga, atau event besar lainnya.

"Itu mobil pasien (yang dipakai), jadi ambulans stand by di event wedding pernikahan, event olahraga, ada pengelasan pipa gas, kita pernah," ungkap Affan.

Soal perizinan membuka usaha sewa ambulans, diakuinya itu mudah didapat. Bahkan di luar Provinsi DKI Jakarta saat ini belum wajib dilakukan uji tipe kendaraan.

"Buat akta di yayasan, saya pernah konfirmasi ke ambulans dinas di Jakarta, itu (SRUT) baru berlaku di DKI, tapi nanti ada kemungkinan nasional, sementara baru DKI, saya juga masih cari tau izin perizinan (terbaru-Red) seperti apa," ujar Affan saat berbicara dengan detikOto, Senin (17/2/2020).

Untuk model kendaraan layanan ambulans beserta paramediknya bisa mendapat perizinan dari dinas terkait.

"Perizinannya ke Dinas 118 AGD (Ambulans Gawat Darurat)," ungkap Affan

Pelayanan ambulans milik Affan saat ini mencankup pengantaran pasien dan jenazah, baik dalam kota atau pun antarprovinsi. Bahkan hingga menyeberang pulau untuk mengantarkan jenazah.

Usaha Affan yang masih bergulir saat ini berada di daerah Kota Tangerang dengan empat buah armada. Namun, baginya, usaha persewaan yang ditekuni bukan mencari profit semata.



Simak Video "Tak Ingin Jadi Bahan Hoaks, PMI Perlihatkan Isi Ambulans"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com