Selasa, 18 Feb 2020 07:40 WIB

Tiru China, Ini Solusi biar Formula E Monas Tak Bikin Macet

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sirkuit Formula E Sirkuit Formula E di sekitar Monas disebut berpotensi menimbulkan kemacetan. Foto: Dok. Formula E
Jakarta -

Gelaran Formula E di Monas menuai kontroversi. Disebutkan sebelumnya, Formula E berpotensi membuat jalanan Jakarta, khususnya di sekitar Monas, bertambah macet.

Namun, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai partner penyelenggara di Jakarta, memastikan event ini tidak akan melumpuhkan lalu lintas ibu kota.

"Kita sudah pikirkan karena dari jalannya memang yang digunakan memang Medan Merdeka Selatan. Kalau ada penutupan di Barat, Timur saya pikir mungkin ada kemacetan tapi nggak terlalu drastis," kata Direktur Utama Jakpro, Dwi Wahyu Daryoto dalam Media Briefing Formula E di Cikini, Jakarta Pusat, akhir pekan kemarin.

Terlebih, kata Dwi, Formula E Monas juga diselenggarakan di akhir pekan. Saat akhir pekan, lalu lintas di Jakarta tak terlalu padat seperti hari kerja.

Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno, mengatakan ada beberapa solusi yang bisa dipakai agar Formula E tak menambah kemacetan lalu lintas. Yaitu dengan memperkuat transportasi umum ke daerah sekitar Monas.

"Sebenarnya bisa diantisipasi kalau dipersiapkan dengan matang. Sehingga pada saat itu orang tidak berpergian dengan kendaraan pribadi. Mereka harus dialihkan ke transportasi umum," kata Djoko kepada detikcom melalui sambungan telepon, Senin (17/2/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video " Formula E Jakarta Jadinya di GBK?"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com