Senin, 17 Feb 2020 07:33 WIB

Monas Bakal Jadi Sirkuit dengan Standar Tertinggi di Indonesia

Rizki Pratama - detikOto
Sirkuit Formula E Sirkuit jalan raya Monas bakal dapat homoloasi grade tiga dari FIA Foto: Dok. Formula E
Jakarta -

Formula E di Monas tetap akan berlangsung pada 6 Juni 2020 di kawasan Monas. Sirkuitnya dibuat ala sirkuit jalan raya seperti di Monaco. Dengan waktu tersisa kurang lebih 4 bulan, pembuatan sirkuit masih dikatakan dapat tercapai.

Sirkuit jalan raya Monas nantinya akan mendapatkan homologasi grade tiga saja. Homologasi ini sekaligus akan menempatkan sirkuit jalan raya Monas dengan tingkat tertinggi di Indonesia.

"Kami dari IMI (Ikatan Motor Indonesia) sebagai member FIA (Fédération Internationale de l'Automobile) Indonesia dan regulator motor sport, Monas akan mendapat homologasi grade tiga dari FIA," kata Ketua IMI Pusat, Sadikin Aksa dalam Media Briefing Formula E di Cikini, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Homologasi grade ini juga akan menjadi satu-satunya di Indonesia di mana tidak hanya menyinggung kelayakan lintasan saja, tapi juga meliputi unsur keamanan. Sirkuit ini memang tidak dihomologasikan pada grade satu atau dua karena untuk Formula E hanya butuh grade tiga.

"Homologasi ini bukan cuma melihat track tapi unsur safety dari balapan ini. Balapan E-Prix tidak butuh grade satu atau dua, untuk Jakarta grade tiga ini menjadi satu-satunya dengan FIA grade di Indonesia," papar Sadikin.

Homologasi sendiri baru dilakukan 10 hari menjelang balapan diselenggarakan. Sebelum itu semua rancangan yang sudah direncanakan sudah rampung pada saat itu untuk mendapatkan homologasinya.

"Desain dari Formula E itu sudah disampaikan ke FIA awal tahun dua minggu setelah tim survei datang mencocokkan. Nanti datang lagi setelah sirkuit selesai 10 hari sebelum balapan akan survei ulang," jelas Sadikin.



Simak Video "Penjelasan Anies soal Penundaan Formula E Akibat Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com