Senin, 10 Feb 2020 13:50 WIB

Kurang Kerjaan, Setir Mobil Diganti Setang Motor

Luthfi Anshori - detikOto
Setir mobil diganti setang motor Setir mobil diganti setang motor.Foto: Screnshoot facebook 加辣喜制作 Galaxy Production
Jakarta -

Bicara soal modifikasi memang tidak ada batasnya. Namun jika kendaraan tersebut masih digunakan aktivitas sehari-hari, modifikasi mobil hendaknya tetap memperhatikan asas-asas fungsionalitas.

Jangan sampai meniru perilaku pengendara mobil asal Thailand ini ya, detikers. Dia mengganti setir mobil dengan setang motor dan digunakannya untuk berkendara.

Aksi tersebut terekam dalam sebuah video yang diunggah facebook 加辣喜制作 Galaxy Production. Dalam video berdurasi 58 detik itu memperlihatkan aksi pengendara mengemudikan mobil menggunakan setang motor.

Mobil yang ia kendarai bermerek Chevrolet jenis double cabin. Tak hanya mengganti sistem kemudi, mobil itu juga sudah mengalami sejumlah ubahan di dalam kabin.

Setir mobil diganti setang motor.Foto: Screnshoot facebook 加辣喜制作 Galaxy ProductionSetir mobil diganti setang motor.Foto: Screnshoot facebook 加辣喜制作 Galaxy Production

Seperti joknya hanya ada satu, yakni di bagian pengemudi saja, sehingga seorang kawannya duduk di lantai tanpa tempat duduk yang nyaman dan aman.

Selain itu juga ada penambahan komponen roller bar, yang dilengkapi dengan tabung bertuliskan NOS (Nitrous Oxide Systems).

Kendati mereka berdua selamat sampai tujuan, aksi mengendarai mobil menggunakan setang motor jangan ditiru ya, detikers. Itu sangat berbahaya sekali, sebab setir mobil dan setang motor memiliki cara kerja berbeda.

"Itu sih sangat bahaya. Karena secara ergonomi sangat tidak sesuai. Soalnya kalau motor kan gerakan steer tidak sampai 360 derajat. Sementara kalau mobil lebih dari 1 putaran sehingga sangat tidak ergonomi dan berbahaya," ujar Service Manager Auto2000 Cilandak, Suparna, dihubungi detikcom, Senin (10/2/2020).

Foto: Screnshoot facebook 加辣喜制作 Galaxy ProductionFoto: Screnshoot facebook 加辣喜制作 Galaxy Production



Simak Video "Ronny Nopirman, Pembuat Replika Mobil Mewah Asal Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com