Selasa, 04 Feb 2020 18:55 WIB

Bayar SPBU Pakai Uang Digital Handphone Aman, Asal...

M Luthfi Andika - detikOto
Simulasi Kebakaran di SPBU Simulasi SPBU Kebakaran Foto: Dok Pertamina
Jakarta -

Entah mitos atau bukan telepon selular alias Hp bisa menjadi penyebab terjadinya kebakaran di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), Pertamina pastikan penggunaan telepon selular atau Hp tetap berbahaya. Meski demikian, jika ada pembayaran atau transaksi dengan menggunakan uang digital yang dioperasikan melalui Hp, hal itu memungkinkan saja.

Namun begitu, hal itu ada hal yang harus diperhatikan agar bisa melakukan transaksi di SPBU menggunakan uang digital. Seperti yang disampaikan Vice President Communication PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman, kepada detik.com.

"Pembayaran dengan digital berbahaya atau tidak? Dalam kaitannya pada transaksi menggunakan E-wallet dan QR Code bisa dilakukan dengan jarak aman yaitu minimum 1,5 meter dari dispenser pengisian BBM untuk kendaraan roda dua," kata Fajriyah.

SPBU PertaminaSPBU Pertamina Foto: Antara Foto/M Agung Rajasa

Sedangkan untuk roda empat, akan ada perbedaan yakni bisa melakukan transaksi di dalam kendaraan.

"Sedangkan untuk kendaraan roda empat, proses transaksi dapat dilakukan di dalam kendaraan. Di mana operator SPBU wajib mendatangi kendaraan konsumen, untuk pelaksanaan transaksi digital tersebut," ujar Fitriyah.



Simak Video "Video Momen SPBU di jalan Daan Mogot Terbakar"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com