Selasa, 28 Jan 2020 08:10 WIB

Cara Pemerintah Atasi Lubang Jalan dengan Cepat dan Murah

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jalan Raya Bhayangkara yang terletak di tengah Kota Serang sering mengalami tambal sulam dan penuh dengan lubang. Jalan ini tidak pernah mendapatkan perhatian meski berada di dekat rumah Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy. Jalan berlubang. Foto: Bahtiiar Rifai/detikcom
Jakarta -

Musim hujan seperti ini sering menimbulkan jalan rusak. Hujan dengan intensitas tinggi berpotensi menimbulkan jalan berlubang mengingat sifat air sebagai pelarut, salah satunya melarutkan material penyusun jalan seperti aspal, kerikil, dan agregat.

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memiliki terobosan untuk menanggulangi lubang jalan. Solusi ini disebut bisa menambal jalan berlubang dengan cepat dan murah.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) mengembangkan Teknologi Tambalan Cepat Mantap (TCM).

Dalam pernyataan resminya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mendorong para peneliti yang bertugas di Balitbang Kementerian PUPR untuk menghasilkan produk riset yang dapat diterapkan dalam mendukung kebijakan pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur di Indonesia.

"Untuk mampu bersaing dalam konteks global, produk hasil penelitian Balitbang PUPR harus lebih murah, lebih cepat, dan lebih baik kualitasnya. Hasil penelitian harus dapat digunakan utamanya oleh Kementerian PUPR," kata Basuki beberapa waktu lalu.

Teknologi TCM dikembangkan oleh Pusat Litbang Jalan dan Jembatan (Pusjatan). Teknologi ini pertama kali dikenalkan ke publik pada Desember 2014.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Miris! Potret Warga Menembus Jalan Rusak di Polewali Mandar"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com