Kamis, 23 Jan 2020 12:57 WIB

Sambut Penerapan B30, Hino Lakukan 2 Tes Ini

Luthfi Anshori - detikOto
Hino Dutro hybrid Foto: Dadan Kuswaraharja

Adapun parameter yang diuji antara lain daya, torsi, konsumsi BBM, dan dampak terhadap komponen. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, Hino mengatakan sudah melakukan penyesuaian spesifikasi kendaraan yang sesuai karakteristik bahan bakar biodiesel, sehingga potensi terhadap dampak atau pengaruh yang timbul pada saat penggunaan B30 dapat diminimalisasi.

"Dengan penggunaan bahan bakar B30 diharapkan pengusaha maupun pengemudi truk melakukan kontrol dan perawatan lebih rutin. Ini dibutuhkan untuk mencegah atau meminimalisasi penyumbatan filter, sehingga kondisi kendaraan tetap terjaga dan bisnis dapat terus berjalan," ujar Direktur Penjualan dan Promosi HMSI Santika Wardoyo, di Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Sebagai informasi, mandatory penerapan biodiesel tertuang pada Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Permen ESDM) Nomor 12 tahun 2015 tentang Penyediaan, Pemanfaatan, dan Tata Niaga Bahan Bakar Nabati (Biofuel) sebagai Bahan Bakar Lain. Penerapan B30 berlaku mulai 1 Januari 2020.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Jokowi: B30 Bisa Hemat Devisa Rp 63 Triliun"
[Gambas:Video 20detik]

(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com