Rabu, 22 Jan 2020 15:07 WIB

Dijuluki Tank Swedia, Perawatan Volvo Susah Nggak Sih?

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Facebook Zefa Art
Jakarta - Mobil bermerek Volvo dikenal dengan kekuatan bodi dan rangkanya. Bahkan saking kuatnya, Volvo dijuluki sebagai Tank Swedia. Contoh terbaru, pemilik Volvo S80 2.3T Zefanya Bagus Sunaryo Aritonang membuktikan ketangguhan mobilnya saat terlibat kecelakaan truk terguling di rest area KM 97 jalur B jalan Tol Cipularang (17/1/2020).

Volvo milik Bagus tampak tidak mengalami kerusakan serius. Rangkanya masih utuh tidak ada pergeseran. Bentuk mobil pun masih bisa terlihat jelas dan utuh. Bahkan kaca-kacanya pun tidak ada yang pecah. Adapun penyok-penyok akibat benturan dialami bemper depan dan bodi belakang.

Lalu bagi pecinta otomotif yang tertarik meminang mobil ini, bagaimanakah dengan perawatannya? Sulit atau tidak?



"Sepengalaman saya memiliki Volvo, tidak terlalu merepotkan, namun memang untuk mencari part cukup sulit, karena mobil ini populasinya tidak banyak," kata Bagus melalui pesan singkat kepada detikcom, Rabu (22/1/2020).

Menurut Bagus, di kota besar seperti Jakarta saja toko spare part yang menyediakan suku cadang Volvo hanya segelintir. Itu pun kondisinya tidak selalu siap dan agak mahal. Jadi ujung-ujungnya harus impor sendiri.

"Sementara untuk bengkel mobil saya selalu saya percayakan ke Tiga Putra Motor Volvo yang dinaungi Kang Jajang," ujar Bagus.



Selain mengimpor secara mandiri dan menyerahkan perawatan ke bengkel spesialis Volvo, Bagus juga menyebut bahwa komunitas adalah kunci.

"Saya gabung di grup S/XC Series, yang para membernya punya keahlian masing-masing dalam merawat Volvo," lanjutnya lagi.



"Contoh mas Harris, sesepuh S80 untuk electrical-nya (ETM). ETM ini sangat krusial di all Volvo modern, karena harus berada di volt min 12,6 v agar awet dan tidak rusak. Karena kalau rusak part ini harganya bisa sekitar 10-15 jutaan dan harus impor. Lalu untuk bagian kanibal, ada mas Henry dan member lain juga suka sharing problem dan solution-nya," kata Bagus.

"Intinya jangan takut pakai Volvo karena mobil ini cukup reliable untuk digunakan sehari hari. Buat saya Volvo for life sesuai slogan Volvo itu sendiri," pungkasnya.

Simak Video "Kecelakaan Truk di Tol Cipularang, 2 Orang Tewas!"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com