Iring-iringan yang Mengantarkan Mendiang Sultan Qaboos ke Pemakaman

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 12 Jan 2020 19:06 WIB
Foto: AP Photo
Oman - Sultan Qaboos bin Sid dari Oman tutup usia di umur 79 tahun. Sosoknya dikenal karena mengubah Oman dari Kesultanan Arab menuju modernitas.

Ribuan orang berkumpul di Masjid Sultan Qaboos di mana doa pemakaman diadakan sebelum Sabtu (11/1) siang. Masjid ini adalah kompleks arsitektur yang menakjubkan dari marmer putih dan taman terawat yang mencerminkan bagaimana sultan memodernisasi negaranya tanpa menghilangkan warisan budayanya.

Dalam amatan detikcom, usai disalatkan Sultan Qaboos kemudian diantarkan dengan mobil yang tidak biasa. Yang menarik adalah mobil pembawa jenazah tersebut bukanlah seperti mobil ambulans pada umumnya. Lebih terlihat seperti kendaraan taktis.



Mobil yang membawa jenazah Sultan Qaboos dikawal lusinan mobil jenis Sport Utility Vehicles (SUV) dari beragam merek, mulai dari yang dilengkapi senapan, GMC berkelir biru dongker, Lexus berkelir merah hingga Land Rover. Mereka membentuk barisan.

Tentara pun berdiri untuk berjaga-jaga di sepanjang jalan. Warga dan penduduk Oman berkumpul di sepanjang jalan raya di Muscat melihat iring-iringan yang membawa Jenazah sultan Qaboos untuk dimakamkan.



Sultan Qaboos bukan pria biasa, ia dikenal secara internasional karena keseimbangan diplomatiknya di Teluk Persia yang tidak stabil. Sultan Qaboos juga sering bertindak sebagai fasilitator pembicaraan antara musuh-musuh Iran dan AS. Di bawah pemerintahannya, Oman dikenal sebagai tujuan wisata yang ramah dan teman bicara utama Timur Tengah.



Simak Video "Tanda-tanda Kehadiran Honda BR-V Terbaru "
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)