Rabu, 08 Jan 2020 16:46 WIB

Menperin: Perusahaan Korea Ingin Terlibat dalam Kendaraan Listrik

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Motor listrik Gesits Foto: Rifkianto Nugroho Motor listrik Gesits Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut perusahaan Korea Selatan, LG Chemical ingin berpartisipasi dalam pilot project pengembangan kendaraan motor listrik di Tanah Air.

"LG Chemical diharapkan bisa berpartisipasi dalam proyek tersebut, misalnya dengan menyediakan baterai motor elektrik dengan skema battery swap," kata Agus usai bertemu dengan direksi LG Chemical di Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Menperin berharap langkah ini dapat mengakselerasi penerapan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.



LG Chemical dapat berkolaborasi dengan delapan perusahaan motor listrik dalam pilot project tersebut. Adapun delapan perusahaan motor elektrik yang berpotensi ikut berpartisipasi dalam proyek tersebut, yaitu PT Wijaya Karya Tbk/WIKA (Gesit), PT Triangle Motorindo (VIAR), PT Juara Bike (Selis), PT Migo Ebike Success (MIGO), PT Green City Traffic (ECGO), PT Terang Dunia Internusa (United), PT Tomara Jaya Perkasa (Tomara), dan PT Volta Indonesia Semesta (Volta).

"Untuk pilot project battery swap, akan memanfaatkan fasilitas charging di BSD Serpong, BPPT Serpong, dan BPPT Jakarta. Kemudian, LG Chemical dan partner lokal akan membangun fasilitas swap dan charging di Jakarta dan Tangerang," ujar Agus.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Eks Mensos Agus Gumiwang Jadi Menteri Perindustrian?"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com