Kaleidoskop 2019

Aliran Arus Elektrifikasi Otomotif Selama 2019

Rizki Pratama - detikOto
Jumat, 27 Des 2019 09:19 WIB
Foto: Rifkianto Nugroho


5. Transportasi Umum Bertenaga Listrik

Aliran Arus Elektrifikasi Otomotif Selama 2019Foto: Rifkianto Nugroho

Pada transportasi publik pun elektrifikasi juga bisa dinikmati. Angkutan berjeni taksi dari Bluebird secara resmi mulai beroperasi dengan armada mobil listrik. Bluebird mempercayakan BYD e6 dan Tesla Model X untuk Silverbird. BYD e6 diklaim menjadi mobil listrik berpenggerak roda depan yang mampu menempuh jarak yang panjang. BYD e6 berbentuk crossover SUV dengan interior yang lapang. Di beberapa negara, mobil ini memang dijadikan taksi.

Merujuk data spesifikasi secara global, sebagai mobil listrik dengan jarak tempuh panjang, BYD e6 bisa menjangkau jarak 400 km dalam satu kali pengisian baterai. Baterai BYD Iron Phosphate (Fe) berkapasitas 80 kWH pada mobil ini bisa dicas hanya 2 jam pakai charger V2G 480 VAC 3 phase.



Tesla Model X merupakan SUV crossover keluaran pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat. Mobil ini terbilang mewah. Beberapa kalangan atas di Indonesia menggunakan mobil listrik ini. Salah satunya Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Keunikan Tesla Model X adalah pintu baris keduanya. Mobil listrik ini mengusung gaya pintu yang disebut Falcon Wing. Pintu mobil bisa melipat dan terkembang seperti sayap burung dengan sempurna, menjadikannya mudah untuk keluar masuk di parkiran yang sempit. Kalau biasanya pintu mobil terbuka ke samping, dengan Falcon Wing pintu mobil akan membuka ke atas.

Tidak cuma taksi, bus listrik pun mulai diluncurkan di Indonesia. Jenderal TNI (Purn) Moeldoko meluncurkan bus bertenaga listrik karya PT Mobil Anak Bangsa (MAB) di Karanganyar, Kabupaten Demak. Kegiatan tersebut sekaligus penyerahan produksi perdana bus listrik seri MD 12E NF kepada PT Paiton Energy.

Penyerahan bus tersebut merupakan penjualan komersial yang dilakukan MAB berdasarkan service procurement agreement yang ditandatangani pada 1 Juli 2019.

"Kami memproduksi mobil (bus) anak bangsa, mobil elektrik 100 persen, mulai Maret 2016. Ini memasuki generasi keempat, generasi komersial. Karena MAB melakukan delivery order dari Mitsui (PT Paiton Energy) telah membeli satu," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (2/11/2019).



Layanan jasa transportasi digital seperti Grab juga menyajikan angkutan mobil listrik. Grab Indonesia resmi menggandeng Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) untuk mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Awal tahun depan Grab Indonesia rencananya akan mengoperasikan 20 unit Hyundai IONIQ Electric sebagai armadanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5 6 7