Kaleidoskop 2019

Aliran Arus Elektrifikasi Otomotif Selama 2019

Rizki Pratama - detikOto
Jumat, 27 Des 2019 09:19 WIB
Foto: Rifkianto Nugroho


4. Motor Listrik Baru

Aliran Arus Elektrifikasi Otomotif Selama 2019Foto: Andhika Prasetia


Roda dua pun juga ikut disetrum listrik di Indonesia. Bahkan muncul produk anak bangsa seperti Gesits yang dirilis oleh PT Gesits Technology Indo (GTI) dengan harga Rp 24.950.000 off the road.

Peluncuran Gesit ini sempat mengalami penundaan beberapa kali. Dikatakan CEO GTI Harun Sjech, hal tersebut karena membuat industri otomotif dalam negeri tidaklah mudah.

"Selain dari perizinan (uji kendaraan sampai mendapatkan STNK) dan ini adalah motor listrik, yang sulit adalah membuat pakem tersendiri untuk part sepeda motor. Karena kita tidak memiliki itu, semua pakem dari Jepang," ungkap Harun di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (25/4/2019).



Selain Gesits, PT Triangle Motorindo selaku produsen sepeda motor Viar Motor Indonesia memperkenalkan sepeda motor listrik New Viar Q1 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, ICE BSD, Tangerang, Jumat (19/7/2019). Motor listrik ini menggantikan versi sebelumnya dengan menawarkan berbagai peningkatan.

Peningkatan paling menonjol dari motor ini adalah jumlah baterai yang mana kini dapat menggendong 2 paket baterai. Penambahan baterai ini tentu meningkatkan kemampuan jelajahnya menjadi 120km.

Selis yang biasa menawarkan sepeda listrik pun juga terpincut pasar motor listrik. Untuk masuk ke ranah motor listrik pun Selis membuka Penawaran Umum Perdana atau dikenal dengan Initial Public Offering saham perusahaannya. Pembukaan saham itu dianggap sebagai modal Selis agar dapat mengembangkan sayapnya ke motor listrik.

Merek besar seperti Honda pun juga ikut memperkenalkan motor listrik melalui PCX Hybrid. Dengan diluncurkannya motor listrik berdesain premium ini sekaligus membuat Honda sebagai salah satu produsen pertama yang akan menjual motor listrik.



PCX listrik tak banyak berubah dibanding PCX konvensional maupun versi hybrid-nya. Hanya saja perihal komponen dan metode maintenance motor yang sedikit beda. Selain itu, dari segi desain PCX listrik memiliki sumbu roda lebih panjang. Panel instrumen juga telah disesuaikan sehingga informasi yang disajikan lebih lengkap.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5 6 7