Rabu, 18 Des 2019 14:43 WIB

3 Hal Ini Perlu Dipersiapkan Sebelum Lewat Tol Layang Japek

Rizki Pratama - detikOto
Tol Japek Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Tol layang Jakarta-Cikampek (Japek) telah dibuka untuk umum. Membentang sepanjang 38 km, tol ini memang menjadi salah satu alternatif untuk rute Jakarta ke Bandung atau sebaliknya.

Namun, melihat kondisi jalan yang berada di atas dan kontur aspal yang tidak rata sebaiknya detikers mempersiapkan beberapa hal dulu deh. Setidaknya setelah tim detikcom menjajal jalan ini, ada 3 hal yang patut dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan melewati tol layang Japek.



Pertama adalah kondisi pengendara dan penumpang itu sendiri. Seperti yang banyak dikatakan orang dan detikcom sendiri telah coba, jalanan bergelombang ini memberikan gejala mual. Jika tidak dalam kondisi prima tentu akan mengurangi kenyamanan. Sebaiknya lebih dahulu makan dan minum yang cukup.

Tol JapekTol Japek Foto: Agung Pambudhy


Selanjutnya tentu persiapan kendaraan. Sistem kaki-kaki mobil akan banyak bekerja di jalan seperti ini karena harus meredam goncangan aspal tak rata dan sambungan jalan. Menggunakan mobil dengan sistem redam mumpuni akan mengurangi goncangan di dalam kabin.



Terakhir rencanakan perjalanan sebaik mungkin. Jangan sampai kehabisan bensin selama di atas karena tidak akan ditemui tempat peristirahatan atau outlet pengisian bahan bakar.

Tempat peristirahatan terdekat pun hanya ada tiga. Dari rute Jakarta ke Karawang hanya dapat ditemui di penghujung jalan layang tepatnya di km 50. Sedangkan dari jalur sebaliknya ada tempat peristirahatan sebelum naik di KM 52 dan setelah turun di KM 6.

Simak Video "Tol Japek Padat, Polisi Perpanjang Contraflow Hingga Km 65"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com