Minggu, 15 Des 2019 13:40 WIB

Mobil Listrik Bersuara, Crazy Rich Priok: Malah Aneh

Luthfi Anshori - detikOto
Ahmad Sahroni Foto: Pradita Utama
Jakarta - Saat mesin kendaraan konvensional lekat dengan kebisingan suara, kendaraan listrik justru menawarkan sebaliknya, yakni dikenal rendah polusi suara.

Hal ini juga dikemukakan Presiden Tesla Club Indonesia, Ahmad Sahroni, ia memimpin sebuah Klub mobil pertama di Indonesia bagi para pemilik Tesla.

"Jangan heran kalau listrik itu nggak ada suara, jangan dibikin suara. Malah aneh," kata Ahmad Sahroni di Jakarta beberapa waktu yang lalu.


Ia melanjutkan, suara yang senyap juga merupakan kenikmatan dalam mengendarai mobil listrik. Hal ini juga bisa mengurangi polusi suara di jalan.

"Namanya listrik, sunyi, yang dinikmati adalah kita tidak mengeluarkan emisi apapun," jelas Ahmad Sahroni.

Memang, faktor keselamatan sampai saat ini masih menjadi salah satu dilema yang dipertanyakan banyak pihak untuk kendaraan listrik.


Absennya suara dari knalpot knalpot misalnya menjadi sorotan Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan. Terkait ihwal tersebut memiliki rencana soal kewajiban suara yang harus dimiliki setiap kendaraan listrik, baik mobil atau sepeda motor.


Namun kebijakan tersebut mendapat respon penolakan dari Presiden Club Tesla Indonesia, Ahmad Sahroni.

"Ya mana ada cerita (kendaraan-Red) listrik pakai suara, yang tidak-tidak saja, ya mungkin menteri itu nggak ngerti akan mobil listrik," kata Ahmad Sahroni.

Simak Video "Mobil Listrik BMW i3s, Mungil tapi Bertenaga"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com