Jumat, 06 Des 2019 14:27 WIB

Round Up

Oli Bugatti Sama dengan Beli Innova dan Jakut Banyak Mobil Mewah Tak Bayar Pajak

M Luthfi Andika - detikOto
2 1. Biaya Ganti Oli Bugatti Veyron Bisa buat Beli Innova
Halaman 2 dari 4
Foto: Agung Pambudhy

Memiliki mobil berarti harus siap dengan biaya-biaya perawatan. Apalagi untuk mobil yang masih pakai mesin bakar, perawatan berkala seperti ganti oli wajib dilakukan dalam periode tertentu.

Tak terkecuali untuk hypercar yang harga mobilnya tembus puluhan miliar rupiah. Mengingat harga mobilnya saja sudah mahal, sudah bisa diprediksi biaya perawatannya juga tak murah. Salah satunya adalah Bugatti Veyron.

Mobil dengan tenaga hingga lebih dari 1.000 daya kuda ini punya biaya perawatan yang cukup mahal. Baru-baru ini, Manny Khoshbin, seorang maestro real estate dan kolektor mobil eksotis membeberkan biaya perawatan yang harus ia keluarkan untuk servis Bugatti Veyron.

Pertama untuk mengganti oli. Menurut Khoshbin, biaya ganti oli Bugatti Veyron tembus US$ 25.000. Kalau dirupiahkan berarti Rp 352 jutaan.

Biaya segitu kalau di Indonesia sudah bisa untuk membeli mobil. Malah, Toyota Kijang Innova 2.4 G M/T Diesel harganya tak sampai Rp 352 jutaan. Mobil itu dijual Rp 341.950.000, lebih murah dibanding biaya ganti oli Bugatti Veyron.

Belum lagi untuk mengganti ban. Bugatti merekomendasikan Veyron diganti ban setiap 2 sampai 3 tahun. Biaya ganti bannya mencapai US$ 38.000 (Rp 536 juta)!

Koshbin sendiri tak cuma punya satu unit Bugatti. Dia sebenarnya punya dua unit Bugatti Veyron. Selain itu, dia juga telah memesan Bugatti Chiron terbaru.

(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com