Minggu, 01 Des 2019 15:02 WIB

Mobil Buronan Terbakar Usai Kecelakaan, Apa Penyebabnya?

Ridwan Arifin - detikOto
Kejar-kejaran mobil polisi dan penjahat di Cirebon Foto: Istimewa Kejar-kejaran mobil polisi dan penjahat di Cirebon Foto: Istimewa
Jakarta - Aksi kejar-kejaran antara mobil petugas kepolisian dengan penjahat terjadi di Kota Cirebon, Jawa Barat. Mobil sang penjahat terbakar usai menabrak media jalan dan penerangan jalan umum (PJU). Tak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Mobil bisa dengan mudah terbakar saat terjadi tabrakan. Meski mobil masa kini dirancang dengan kerangka yang aman untuk mengatasi dampak benturan jika terjadi kecelakaan.


Koordinator Eksekutif Technical Service Astra Daihatsu Motor Anjar Rosadi mengatakan jika kecelakaan terjadi sangat keras, cairan bahan bakar atau oli bisa bocor, benturan dan gesekan yang menimbulkan percikan api, kombinasi keduanya dapat menyebabkan kebakaran mobil.

"Biasanya menghantam atau merusak komponen-komponen yang terkait dengan saluran bahan bakar, oli, minyak kopling, oli power steering," kata Anjar beberapa waktu yang lalu.

Lebih lanjut, Anjar menjelaskan saat minyak menyentuh atau menetes ke ruang yang panas, sangat mungkin menjadi penyebab kebakaran.


"Seandainya cairan-cairan tersebut bocor dan kemudian terpapar panas yang melebihi flash poin-nya. Cairan-cairan tersebut dapat terbakar," ungkap Anjar.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com