Minggu, 01 Des 2019 12:05 WIB

Bikin Celaka Orang Lain, Stop Merokok Sambil Berkendara

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Rangga Rahardiansyah
Jakarta - Di Indonesia sudah ada larangan terkait merokok sambil berkendara. berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 12 tahun 2019 pasal 6 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor.

"Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib mengemudikan kendaraanya dengan wajar dan penuh konsentrasi," demikian bunyi pasal tersebut.

Bagi yang nekat melakukannya maka petugas berhak untuk menindak, seperti yang disosalisasikan dinas perhubungan DKI Jakarta melalui jejaring sosial resmi instagram @dishubdkijakarta.


"Mengacu pada UU No. 22 tahun 2009 pasal 283, pengemudi dapat dipidana dengan maksimal 3 bulan dan denda paling banyak Rp 750.000," tulisnya seperti dilihat detikcom, Minggu (30/11/2019).

Ada banyak alasan mengapa ini dilarang, selain mengganggu konsentrasi, tapi juga karena bahaya bara api rokok yang bisa masuk ke mata pengemudi lain. Beberapa kasus orang yang mengalami masalah penglihatan karena terkena abu rokok ini pun sempat viral di media sosial.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com