Selasa, 12 Nov 2019 14:09 WIB

Gubernur Bali Terbitkan Peraturan Kendaraan Listrik

Aditya Mardiastuti - detikOto
Motor Listrik Gesits saat Jelajah Jawa-Bali. Foto: Pool Motor Listrik Gesits saat Jelajah Jawa-Bali. Foto: Pool
Denpasar - Gubernur Bali Wayan Koster menerbitkan peraturan gubernur (pergub) tentang penggunaan energi bersih di Bali dan juga sepeda motor listrik berbasis baterai. Koster menyebut dua pergub ini bakal menjamin Bali mandiri listrik dan lebih ramah lingkungan.

Salah satunya adalah penggunaan kendaraan listrik yang dituangkan ke dalam Pergub No. 48 tahun 2019 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. Pergub itu terdiri dari 17 bab dan 25 pasal.



Lewat pergub ini, Koster bakal membangun infrastruktur kendaraan listrik dan mendorong warganya untuk mulai beralih menggunakan motor listrik.

Gubernur Bali Wayan Koster menerbitkan peraturan gubernur kendaraan listrik. Gubernur Bali Wayan Koster menerbitkan peraturan gubernur kendaraan listrik. Foto: Aditya Mardiastuti


"Polusi dari bahan bakar minyak fosil, kendaraan berbasis baterai tidak saja ramah lingkungan yang berkaitan polusi udara tapi juga kebisingan akan sangat terkendali telinga kita tidak terganggu, hidung tidak sesak dan nafas juga bersih. Ini dua pergub yang baru saja di-ACC Kemendagri setelah dievaluasi beberapa minggu, agar pariwisata Bali makin berkualitas dan ramah lingkungan," Koster saat jumpa pers di Jaya Sabha, Jl Surapati, Denpasar, Bali, Selasa (12/11/2019).




Koster menyebut pemerintah telah menetapkan Jakarta dan Bali sebagai proyek percontohan penggunaan kendaraan berbahan bakar listrik. Namun, baru Bali yang sudah memiliki payung hukum tentang program ini.

"Ini baru pemerintah provinsi pertama yang memiliki kebijakan energi bersih dan penggunaan sepeda motor listrik berbasis baterai. Bali sudah, dan Jakarta belum jadi Bali lebih cepat. Saya mendengar pergub ini jadi percontohan, Bali jadi pelopor penggunaan energi bersih dan penggunaan sepeda motor listrik berbasis baterai jadi alam Bali lebih bersih," paparnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Adu Ganteng Mobil Modifikasi IAM di Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com