Selasa, 12 Nov 2019 14:09 WIB

Gubernur Bali Terbitkan Peraturan Kendaraan Listrik

Aditya Mardiastuti - detikOto
Motor Listrik Gesits saat Jelajah Jawa-Bali. Foto: Pool

Selain itu, ada juga Pergub tentang Bali Energi Bersih yang terdiri dari 11 bab dan 33 pasal. Lewat Pergub nomor 45 tahun 2019 ini kebutuhan energi di Bali bakal ditata menjadi lebih mandiri dan berkelanjutan.

"Penyediaan, pemanfaatan dan pengembangan Energi Bersih akan berfokus pada Sumber Energi Terbarukan. Termasuk ke dalam Sumber Energi Terbarukan ini adalah Sinar Matahari, Tenaga Air, Angin, Panas Bumi, Biomassa, Biogas, Sampah di kota/desa, Gerakan dan Perbedaan Suhu Lapisan Laut, serta Bahan Bakar Nabati Cair," kata Koster.

Dia menambahkan dalam pergub ini juga diatur tentang bangunan hijau (zero energy building) yang dikembangkan sesuai dengan arsitektur tradisional Bali dan karakter tropis. Selain itu diharapkan bangunan tersebut untuk menggunakan sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) hingga efisiensi pemakaian air.



"Pengembangan Bangunan Hijau ini akan menyasar Bangunan Pemerintah Pusat dan Daerah, serta Bangunan Komersial, Industri, Sosial dan Rumah Tangga dengan luas lantai lebih dari 500 meter persegi. Pemasangan PLTS Atap dan/atau pemanfaatan teknologi surya lainnya pada bangunan-bangunan tersebut dilakukan pada tenggat waktu beragam, dari 2021 hingga 2024," paparnya.

Selain itu bangunan industri, komersial maupun mall dengan luas lantai lebih dari 1.000 meter persegi, bangunan resort lebih dari 3.000 meter persegi dan bangunan hotel bintang 4 bakal menggunakan listrik dari energi bersih dengan tarif khusus/ tarif hijau dari pelaku usaha ketenagalistrikan. Koster juta minta pelaku usaha ketenagalistrikan mulai melakukan konversi pembangkit listrik berbahan bakar batubara dan/atau bahan bakar minyak ke pembangkit listrik energi bersih.

"Konversi dilakukan dalam jangka waktu yang disepakati oleh Pelaku Usaha Ketenagalistrikan dengan Pemerintah Daerah dan/atau paling lama sesuai umur ekonomis pembangkit," terangnya.
Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Support Kendaraan Listrik, Pemprov DKI: Pengecualian Aturan Gage"
[Gambas:Video 20detik]

(ams/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com