Senin, 04 Nov 2019 19:22 WIB

Jalan Amblas Telan Bus dan Hampir Membuat Sedan Terperosok

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Pittsburgh Public Safety Dept
Pittsburgh, Pennsylvania - Gejala alam bernama Sinkhole atau dalam Bahasa Indonesia lubang runtuhan kembali terjadi di salah satu sudut kota negara bagian Pennsylvania, Amerika Serikat. Fenomena alam yang tiba-tiba menyebabkan lubang besar muncul itu menelan buntut sebuah bus penumpang dan sedan Kia Optima.

Bus itu sedang berhenti di lampu merah ketika jalan di bawah roda belakang amblas dan menarik bus tersebut. Sebuah pipa air pecah di bawah jalan yang menyebabkan pelemahan fondasi beton hingga tidak bisa menahan beban bus itu.



"Waspada: Sinkhole besar. Hindari area. Dua orang dalam bus @PGHtransit, satu orang telah dilarikan ke rumah sakit dengan luka ringan. Anak-anak di Small World dievakuasi ke Westin dan aman. Kemanan publik sedang mengevaluasi situasi. Laporan terkini akan segera disampaikan," tulis akun twitter Departemen Keamanan Publik Pittsburgh, @PghPublicSafety beberapa hari lalu.

Jalan Amblas Telan Bus dan Hampir Membuat Sedan TerperosokFoto: Pittsburgh Public Safety Dept


Dalam video dan foto yang diunggah dapat dilihat bagian belakang bus masuk ke lubang dan bagian depan terangkat menghadap langit. Pengemudi mobil sedan yang di belakang cukup beruntung mobilnya tak turut masuk ke dalam lubang, hanya saja bagian depan mobil telah tergantung di atas lubang yang menganga besar itu.

Berdasarkan laporan dari Action News 4, seperti dikutip dari carbuzz, Senin (4/11/2019) luas lubang mencapai 22 meter dengan kedalaman 6 meter. Dua orang berada di dalam bus saat peristiwa terjadi dan berhasil keluar dari bus dengan selamat.



Mobil sedan itu telah dievakuasi terlebih dahulu karena lebih mudah daripada bus yang besar. Untuk mengeluarkan bus dua crane ditugaskan agar bisa ditarik ke atas kembali.

Jalan Amblas Telan Bus dan Hampir Membuat Sedan TerperosokFoto: Pittsburgh Public Safety Dept


Fenomena alam seperti ini mulai sering terjadi belakangan ini. Namun tidak ada prediksi kapan terjadinya dan dampaknya sebesar apa

Simak Video " Kata Geolog Soal Lubang Raksasa di Maros"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com