Minggu, 13 Okt 2019 15:36 WIB

Bisnis Sewa Odong-odong, Balik Modal Nggak Lama

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Rizki Pratama Foto: Rizki Pratama
Bekasi - Jika tertarik menanamkan modal untuk jasa odong-odong Anda bisa mengembalikan modal dalam waktu kurang dari dua tahun. Biasanya satu odong-odong yang berbasis sepeda motor dihargai Rp 40 juta.

Modal untuk membeli odong-odong itu dapat dikembalikan jika dalam satu hari penyewa odong-odong memberikan setoran Rp 100 ribu sehari. Dalam satu hari biasanya narik odong-odong dapat mengantongi uang lebih dari Rp 200 ribu.



"Kalau kerja katakanlah 2 tahun kurang, sudah balik modal pahitnya hujan dan malas atau sakit kalau dia bener kerja. Taruh Rp 2 juta sebulan kali setahun Rp 24 juta," kata Lamidi, salah seorang pembuat odong-odong yang ditemui detikcom di Bekasi, Jawa Barat.

Angka Rp 24 juta setahun itu didapat dengan rincian tarif Rp 3.000 untuk anak-anak dan Rp 5.000 untuk dewasa. Satu rangkaian odong-odong kereta yang ditarik sepeda motor dapat memuat 10 penumpang dewasa dan 10 penumpang anak-anak. Jadi jika terisi penuh sekali jalannya odong-odong akan mendapatkan Rp 80 ribu.



"Tarifnya sekarang udah Rp 3.000 buat anak-anak, Rp 5.000 untuk ibu-ibu. Bisa 10 ibu nanti anak 10 kan didampingi. Kalau penuh 80 ribu sekali narik cuma ga nentu kalau sepi pindah lokasi," ungkap Lamidi.

Namun kesulitan dalam menyewakan ini adalah kepercayaan pada orang yang narik odong-odongnya sendiri. Lamidi sendiri telah beberapa kali menemukan penarik odong-odong yang sering kali tak memberikan biaya sewanya.

"Sulitnya anak buah kalau misal banyak yang narik saya siap bikin berapa aja cuma penarik itu kan kadang-kadang kurang sabar, malesan, ada yang males setor," tukasnya.

Bisnis Sewa Odong-odong, Balik Modal Nggak Lama


Simak Video "Odong-odong, Satu-satunya Transportasi Umum Pulau Pramuka"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com