Minggu, 13 Okt 2019 09:01 WIB

Dalam Sehari Odong-odong Bisa Hasilkan Rp 200 ribu

Rizki Pratama - detikOto
Kereta odong-odong. Foto: Rizki Pratama Kereta odong-odong. Foto: Rizki Pratama
Bekasi - Salah satu profesi jasa yang melayani kegembiraan untuk anak-anak adalah odong-odong. Kendaraan bermotor yang dimodifikasi menjadi seperti rangkaian kereta ini ternyata bisa menghasilkan pundi-pundi keuntungan bagi sebagian orang.

Saat ini odong-odong yang biasa mengangkut anak-anak itu dapat menghasilkan uang sebesar Rp 200 ribu jika odong-odong tersebut milik sendiri. Sedangkan untuk yang tidak punya dan menyewa biasanya harus menyetor Rp 100 ribu ke pemilik setiap harinya.

"Saya pikir Rp 200 ribu lebih dapat minimal, mereka setoran Rp 100 ribu. Biasanya pakai rute dari gang sini ke sana sekitar setengah jam," kata salah seorang pemilik dan pembuat odong-odong, Lamidi ketika ditemui detikcom di bengkelnya, Bekasi, Jawa Barat.



Secara rinci satu anak dikenakan tarif Rp 3.000 per kepala. Sementara itu untuk orang dewasa membayar Rp 5.000. rangkaian odong-odong berbentuk kereta itu jika terisi penuh dapat memuat 10 orang dewasa dengan memangku 10 anak kecil. Hitungan kasarnya dalam 3 trayek terisi penuh sudah dapat mengantongi uang Rp 240 ribu dalam waktu 1,5 jam.

"Kalau penuh Rp 80 ribu sekali narik cuma nggak nentu kalau sepi pindah lokasi," ujar Lamidi.



Menurutnya bisnis jasa ini cukup menguntungkan apalagi untuk mereka yang memiliki modal dan menyewakannya pada orang. Jika mematok dapat setoran Rp 100 ribu sehari dapat dipastikan minimal ia mampu menerima Rp 2 juta sebulan. Hal itu sudah dipotong apabila yang bertugas mengoperasikan terkendala hujan atau sedang sakit.

"Pahitnya hujan dan malas atau sakit kalau dia bener kerja taruh Rp 2 juta sebulan," tutup Lamidi.

Simak Video "Odong-odong, Satu-satunya Transportasi Umum Pulau Pramuka"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com