Selasa, 08 Okt 2019 10:18 WIB

Masih Ada Aja Bus Nakal! Penumpang Diturunin Seenaknya

M Luthfi Andika - detikOto
Foto: dok. @gunungindonesia Foto: dok. @gunungindonesia
Jakarta - Peringatan keras untuk para PO Bus nih! Sudah seharusnya kenyamanan dan keamanan saat berkendara itu jadi prioritas penyaji transportasi massa. Agar tidak kalah saing dengan transportasi massa lainnya dan mobil pribadi tentunya. Namun sayang, masih banyak saja para PO Bus nakal yang tidak bertanggung jawab di jalanan.

Seperti kejadian yang menimpa para pendaki Indonesia, yang diposting di @gunungindonesia. Saat ingin pergi menuju Wonosobo ternyata diturunkan di pinggir jalan Purwokerto, walhasil mereka harus rela menunggu dipinggir jalan dan menunggu bus lainnya yang melintas.



"TOLONG REPOST
Kita rombongan penaik mt.prau dari terminal kp.rambutan ini bus menawari kita untuk jurusan jakarta - wonosobo dengan senilai harga Rp. 140.000 . Dari awal kenek dan calo" sana + supir ga ada omongan apa apa intinya jakarta - wonosobo. Sampe di resarea cirebon kenek dan supir tidak ada omongan apa" kalo bus ini ternyata tidak sampe wonosobo. Sekitar 03:25WIB kami rombongan mt.prau senilai 4 orang dan ibu" 1 orang dan mas" 1 orang diturunin seenaknya saja tanpa izin di Purwokerto di PINGGIR JALAN. Bukan di terminal! Dan situasi disitu supir tidak ada cuma kenek dan 6 orang ini. Dari 6 orang ini salah satu mas" kehilangan hp pas sejak di bangunin... kenek pun tidak mau tau.
Tolong repost kesosial media biar ga terulang lagi kejadian seperti ini. Untuk para pendaki biar perjalanannya pun ga ada halangan. Terimaksih," tulis dalam akun @gunungindonesia.



Tentu ini menjadi pelajaran dan jadi perhatian bersama. Karena kenyamanan dan keamanan harusnya sudah jadi perhatian bersama, mengingat transportasi menjadi sarana bersama yang sangat penting.

Rupanya pengalaman para pendaki ini kerap terjadi. Hal ini terlihat dari komentar di dalamnya yang mengatakan juga pernah mengalami hal yang sama.

"Gua juga pernah dari Pulogebang," tulis @rbernardeschi33.

"Ya intinya kalo naik bus yang sesuai jurusan aja lah play safe," saran @dheo-rd.

Terakhir juga disampaikan @rizalfahlevic29, yang mengatakan juga pernah mengalami hal yang sama.

"Dulu waktu habis dari Ciremai pulang ke Jakarta (Kp Rambutan) naik Luragung! Kenek nya bilang nya Kp Rambutan, malah kita di turunin di tol dalam kota. Bis nya ke Pulo Gadung! Mending lebih teliti lagi, dari pada pengin cepat sampai tujuan atau cepat pulang! Pastikan armada yang di naiki, JANGAN PERCAYA CALO!" tulis @rizalfahlevic29.

Akan tetapi ada catatan kecil buat detikers, pastikan untuk menaiki bus sesuai jurusan ya. Jangan tertipu para calo bus yang hanya memikirkan memenuhi isi kapasitas penumpang bus. Dan untuk para pengusaha bus, tentunya harus mengingatkan para karyawan untuk lebih disiplin untuk lebih memberikan kenyamanan para penumpang.

[Gambas:Instagram]



Simak Video "Bus Terguling di Riau 6 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com