Senin, 30 Sep 2019 10:00 WIB

Bukan Diler Motor Suzuki, Ini untuk Motor Boat

Fitraya Ramadhanny - detikOto
Foto: Fitraya Ramadhanny Foto: Fitraya Ramadhanny
Klungkung - Sekilas tampaknya ini seperti bengkel motor Suzuki. Tapi masuk ke dalam, tidak ada motor. Yang ada adalah jejeran mesin untuk kapal.

Di tepi Jl Kusanegara, Klungkung, Bali ada diler Suzuki Sinta Marine. Tapi ini bukan diler motor, apalagi mobil. Ini adalah diler Outboard Motor (OBM). Ini adalah mesin tempel untuk perahu motor.

Suzuki Marine adalah unit bisnis PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang menjual mesin motor boat. Sedangkan, Sinta Marine yang beroperasi sejak 1997, melayani penjualan mesin tempel kapal motor dan layanan purnajual untuk Bali dan sekitarnya.



detikOto dalam event Suzuki Seaventure 2019 diajak berkunjung ke sana pada Selasa (24/9/2019) lalu. Dari depan, wujudnya seperti diler dan bengkel motor Suzuki. Namun ketika mendekat, yang tampak adalah jejeran mesin perahu motor.

Bukan Diler Motor Suzuki, Ini untuk Motor BoatFoto: Fitraya Ramadhanny


"Sejak tahun 2004, kami melayani penjualan dan aftersales mesin dengan PK kecil untuk nelayan. Tahun 2005 sampai sekarang, kami menangani semua mesin tempel Suzuki baik untuk nelayan, transportasi, pemerintahan hingga leisure," kata I Made Sinta, Owner Sinta Marine.

Sinta Marine dengan luas 925 m2 terdiri dari showroom, bengkel dan gudang sparepart dari PK kecil sampai besar. Pekerja bengkelnya tampak seperti umumnya, namun yang mereka oprek adalah mesin kapal motor.

Bukan Diler Motor Suzuki, Ini untuk Motor BoatFoto: Fitraya Ramadhanny


Kalau bengkel motor Suzuki, motornya dibawa ke bengkel, kalau bengkel kapal dan perahu bagaimana? Saya tidak melihat ada kapal di sini.

"Karena ini motor tempel, mesin motornya saja yang dilepas. Terus mesinnya kami jemput untuk diservis di sini," kata Made Sinta.



Di bagian belakang adalah gudang sparepart. Tampak tumpukan mesin-mesin kapal motor dalam kardus-kardus sebesar kulkas empat pintu. Kunjungan ke diler mesin kapal motor tentu jadi pengalaman baru yang berbeda dari mengunjungi diler motor biasa.

Bali dan beberapa daerah lain memang memiliki dunia maritim yang ramai, baik aktivitas nelayan, transportasi penyeberangan dan wisata. Suzuki punya 10 diler mesin tempel kapal motor yang tersebar dari Batam sampai Sorong.

"Dengan pengalaman 22 tahun, kami terus berkomitmen untuk mendukung industri maritim di Indonesia lewat produk berkualitas dan layanan purnajual yang prima," ujarnya.

Simak Video "Kenalkan Maruti S-Presso, Mobil Mungil Suzuki Seharga Rp 70 Jutaan"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com