Rabu, 25 Sep 2019 13:06 WIB

Water Cannon Pindad yang Bisa Sembur Air Hingga 50 Meter

Ridwan Arifin - detikOto
Jakarta - Setiap aksi demo besar, kendaraan taktis seperti water cannon biasa dijumpai. PT Pindad Persero sebagai manufaktur kendaraan tempur di Indonesia memiliki salah satu model water canon yang juga menjadi andalan Kepolisian.

Sebelumnya juga pernah disinggung, salah satu kendaraan taktis untuk water cannon menggunakan buatan Korea Selatan, dengan kode DWC6500 produksi perusahaan Daejicar. Lantas bagaimana dengan merek Pindad?



Mengutip situs resmi Pindad, kendaraan ini memiliki penggerak 4x4, dengan transmisi manual. Truk ini memiliki bobot sekitar 16 ton, sementara untuk kapasitas penumpang, bisa dimuati 4 awak kabin. Dibekali mesin Diesel, meski bobotnya cukup berat, Water Cannon ini masih sanggup melaju hingga kecepatan 80 km/jam di jalan.



Untuk kapasitas tangki airnya bisa menampung 5.000 liter air. Dan untuk menyemprotkan semburan air ke objek, nozzle mampu menyemburkan jarak hingga 50 meter.



Seluruh nozzle tersebut mampu dikendalikan melalui perangkat joystick yang berada di dalam rantis Water Cannon (control room).

Selain pergerakan nozzle, sistem kendali juga mengatur ukuran debit air yang keluar dari nozzle, seluruh fungsi tersebut dilakukan melalui pusat kendali yang berada di dalam Rantis Water Cannon.

Simak Video "Kembali Berunjuk Rasa, Mahasiswa Tagih Janji Jokowi Keluarkan Perppu"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com