Sabtu, 07 Sep 2019 10:47 WIB

Jakarta Utara Paling Banyak Pakai Motor Listrik

Ridwan Arifin - detikOto
Motor Listrik Foto: Vadhia Lidyana Motor Listrik Foto: Vadhia Lidyana
Jakarta - Kendaraan motor listrik saat ini tengah menggema, Jakarta diharapkan bisa menggunakan energi terbarukan untuk menekan angka polusi. Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri , Kombes Pol Aan Suhanan mengatakan lebih dari seribu kendaraan listrik terdaftar di wilayah Polda Metro Jaya.

Dalam data yang dipaparkan di wilayah hukum Polda Metro Jaya tercatat sudah sebanyak 1.150 kendaraan listrik di DKI Jakarta, 104 wilayah Banten, dan 105 daerah Jawa Barat.

Dari data tersebut wilayah Jakarta Utara paling banyak menggunakan sepeda motor listrik, yakni sebanyak 305 unit, disusul Jakarta Timur 255 unit, Jakarta Barat 196 unit, Jakarta Selatan 181 unit, dan Jakarta Pusat 155 unit.


Sementara wilayah di luar Jakarta, seperti Tangerang, Ciledug , Serpong, Ciputat, Bekasi, dan Depok masih di bawah 100 unit. Aan mengatakan untuk mendapatkan legalitas memang produsen sudah harus menempuh uji tipe dan kelayakan dari Dinas Perhubungan.

Regulasi sudah diatur, jadi kendaraan yang sudah dioperasionalkan di jalanan itu sudah melalui uji laik jalan. Yang kedua uji teknis itu adanya di Kementerian Perhubungan. Sebelum diuji harus didaftarkan dulu di Kementerian Perindustrian untuk mendapatkan pendaftaran tipe, baru ke perhubungan untuk uji tipe dan layak jalan," ujarnya.

"Dari uji tersebut kalau lolos akan keluar sertifikat uji tipe, dan SRUT. Itu yang menjadi dasar kita kepolisian untuk meregistrasi atau mendaftarkan. Hasil registrasi kita outputnya adalah BPKB dan STNK, itu legalitasnya," sambung Aan.

Simak Video "Tes Performa Motor Listrik yang Bisa Mundur"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com