Kamis, 27 Jun 2019 15:47 WIB

Ini Sebabnya Harga Bensin Berubah-ubah

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Shell sebagai salah satu badan usaha swasta yang menjual bensin di Indonesia mengatakan bahwa untuk menentukan harga jual tidak hanya berpatok pada harga minyak di dunia. Harganya pun terbilang lebih mahal dibanding perusahaan pelat merah, meski menggunakan angka Research Octane Number (RON) yang sama.

Harga bahan bakar Shell juga cenderung lebih sering berubah, naik atau turun. Apa alasannya?



"Kalau dari sisi harga kita itu mengikuti harga minyak dunia. Jadi kalau kita mengamati harga minyak dunia itu kan naik-turun. Itu yang tercermin dari perubahan-perubahan harga kita," ujar Fuel Marketing Manager Shell Indonesia Ratna Anggraini.

Ia melanjutkan, harga BBM Shell merupakan cerminan dari harga minyak di dunia. "Di Shell Reguler, Super, V-Power itu harganya sudah merefleksikan harga minyak dunia," kata Ratna.



Ratna melanjutkan faktor lain yang jadi penentu adalah distribusi yang mempengaruhi harga. Sebab Shell Indonesia mendapatkan barang dari Singapura.

"Sebetulnya ongkos distribusi itu menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pricing," kata Ratna.

"Jadi kita memang mengambil sumbernya itu dari Singapura, kemudian dari Singapura dibawa dengan kapal dibawa ke terminal, kalau di sini itu ada di Tanjung Priok. Dari terminal akan didistribusikan ke masing-masing SPBU kita. Jadi tidak terlalu banyak prosesnya," jelasnya.

Simak Video "Hore! Total dan Shell Turunkan Harga BBM"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com