Rabu, 26 Jun 2019 09:13 WIB

Truk Baru Renault Bisa 'Minum' Biodiesel B30

Luthfi Anshori - detikOto
Truk Renault K range. Foto: Luthfi Anshori/detikOto Truk Renault K range. Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta - Setelah absen selama tiga tahun, Renault Trucks bersama PT Indo Traktor Utama meluncurkan model baru kendaraan komersial mereka.

Truk baru ini mengusung nama Trucks K Range. Ada dua pilihan mesin diesel yang diusung, varian 11 liter yang punya tenaga 440 dk, dan mesin 13 liter dengan tenaga puncak 460 dk.

Kedua mesin tersebut diklaim sudah bisa menggunakan bahan bakar Biodiesel B20 bahkan Biodiesel B30 yang baru saja diuji oleh Kementerian ESDM RI.



"Jadi truk kami sudah ready sampai B30. Nggak ada masalah. Dan ini sudah diuji di Prancis," klaim President Director PT Indo Traktor Utama Bambang Prijono, di Jakarta Selasa (25/6/2019).

Menurut Bambang, mesin truk Renault K Range sudah dirancang agar cocok dengan Biodiesel. Maka itu ada penyesuaian spare part sejak dirakit di pabrik.



"Karena fuel pipe line-nya harus diganti semua. Jadi ada namanya Biodiesel kit. Jadi keluar dari pabrik, udah dipasangi Biodiesel kit. Pipa-pipa solarnya itu khusus, filter masih sama. Tapi kami tambahkan water separator," lanjut Bambang.

Bambang juga menambahkan, mesin Renault sudah teruji di Indonesia. Sebab Renault Trucks menjalin aliansi dengan Volvo Trucks yang produknya memang sudah eksis di Indonesia.

"Perawatan dan segala macam nggak ada perubahan. Volvo bus kami yang di TransJakarta juga kan sudah pakai B20 dan nggak ada masalah. Dan Volvo-Renault kan satu grup, jadi sebetulnya mesinnya sama. Mesin 11 liter ini dibuat di Prancis. Dan 13 liter dibuat di Swedia, jadi tinggal tuker-tukeran aja," pungkasnya. (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com