Sabtu, 01 Jun 2019 15:14 WIB

Musim Mudik, Kilometer Perjalanan di Jakarta Paling Buncit

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Screenshot Waze Foto: Screenshot Waze
Jakarta - Salah satu layanan aplikasi perjalanan Waze, sudah melakukan survei lalu lintas selama Ramadan. Ketika musim mudik tiba, penggunaan aplikasi meningkat.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, navigasi pada aplikasi Waze umumnya meningkat selama Idul Fitri, dimana orang-orang mengambil manfaat pergi "mudik" atau berkendara ke tujuan wisata," kata Waze Indonesia Country Manager, Marlin R melalui keterangan resminya.



Berdasarkan hasil survei pada tahun 2018, terjadi 87% navigasi di Medan, 62% di Semarang, 42% di Surabaya, 34% di Bandung, dan 20% di Jakarta. Angka tertinggi muncul di Medan diakibatkan oleh kurangnya infrastruktur transportasi umum di kota tersebut.

Sebaliknya, kilometer berkendara tertinggi Wazer terjadi di Semarang (148%), diikuti Surabaya (95%), Bandung (53%), Medan (48%), dan Jakarta (25%).

" Hal ini terjadi karena orang diharuskan mengemudi lebih jauh dari segi jarak di Semarang," ucap Marlin.



Disebutkan lebih dari 4 juta pengguna Waze aktif di Indonesia yang menghabiskan waktu rata-rata 81 menit per hari di jalan. Selama Ramadan, lalu lintas meningkat secara signifikan, karena orang-orang biasanya memilih untuk bepergian lebih banyak.

Pun demikian dengan konsumsi bahan bakar meningkat akibat bertambahnya orang yang bepergian. Waze juga melihat jelang mendekati Hari Idul Fitri merupakan waktu tersibuk pom bensin yang disebabkan oleh budaya "mudik" di Indonesia, bahan bakar lebih banyak dibutuhkan untuk perjalanan jauh, banyak orang pulang kampung atau pergi liburan. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com