Selasa, 21 Mei 2019 11:28 WIB

Lampu Lalin Pintar di Dubai Bisa Kurangi Kemacetan

Ridwan Arifin - detikOto
Lampu lalu lintas di Dubai. Foto: Khaleej Times Lampu lalu lintas di Dubai. Foto: Khaleej Times
Dubai - Teknologi semakin maju, termasuk dari lampu lalu lintas yang dipasang tepat di persimpangan jalan. Dubai sudah menerapkan lampu lalu lintas pintar, tidak lagi berpatok pada rentang waktu yang ditetapkan.

Di Sharjah, lampu lalu lintas di beberapa persimpangan utama tidak lagi berfungsi pada timer standar. Sekarang 'cukup pintar' untuk memutuskan jalur mana yang harus mendapatkan lampu hijau, tergantung pada volume kendaraan.


Sebab lampu lalu lintas juga secara tidak langsung mendorong timbulnya kemacetan karena durasinya yang tidak sesuai dengan volume kendaraan saat itu.

Sistem lampu lalu lintas yang pintar telah dikembangkan oleh Sharjah Roads and Transport Authority (SRTA). Seperti dicuplik dari khaleejtimes, Senin (20/05/2019) sejak diluncurkan, kemacetan jalan telah berkurang, terutama pada jam-jam sibuk, kata Mohsin Balwan, direktur pemeliharaan jalan di SRTA.

"Sistem kontrol yang ditingkatkan telah secara signifikan mengurangi simpul lalu lintas terutama di pagi hari ketika pengendara keluar untuk bekerja dan di malam hari ketika mereka kembali ke rumah," kata Mohsin Balwan.

Sebagai bagian dari sistem, sensor tanah canggih telah dipasang di jalan dan ini secara otomatis menilai volume kendaraan dari semua arah. Lampu dipicu berdasarkan analisis sistem tentang arus lalu lintas.

Balwan mengungkapkan sistem akan memrogram durasi lampu hijau untuk lebih lama pada ruas jalan yang padat. Sedangkan ruas jalan yang lengang akan mendapat penyesuaian. Hal ini membuat setiap jalur tidak terjadi penumpukan kendaraan yang signifikan sehingga menyebabkan kemacetan.


"Sistem baru, termasuk gadget nirkabel yang dapat dengan mudah dipasang, dilengkapi dengan baterai yang dapat bertahan delapan hingga 10 tahun." ujar Balwan.

Lebih lanjut dimaksudkan lebih banyak teknologi pintar sedang dikembangkan oleh SRTA untuk memastikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Kira-kira diterapkan di Indonesia, cocok tidak ya detikers?

Lampu Lalin Pintar di Dubai Bisa Kurangi Kemacetan
(riar/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya