Rabu, 15 Mei 2019 11:21 WIB

Cerita Unik SPBU Saat Berikan Bensin Gratis ke Penghafal Al-Kahfi

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Mindra Purnomo Foto: Mindra Purnomo
Bogor - Bensin gratis bagi yang hafal surat Al-Kahfi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34-169-33 di Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor sampai saat ini sudah berlangsung hampir satu tahun.

Ketua Koperasi Sayaga KORPRI Kabupaten Bogor, Maryeni saat berbincang bersama detikcom di Cibinong, Jawa Barat, mengatakan bahwa penghafal datang dari ragam profesi.

Mulai profesi dari anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar, Mahasiswa, Guru, dan Driver Ojek Online pun pernah menguji kemampuan di SPBU ini.

"Paling kecil anak tiga SD, rata-rata saya tanya kebanyakan malah itu Guru Tahfid gitu, kerja di perusahaan juga pernah, dia izin dulu, karena waktu dulu dilaksanakan sebelum waktu sholat Jumat, kemarin juga ojek online dari Pondok Labu," ujar Maryeni.



"Yang mau sekolah di Arab juga pernah, ke sini mereka itu sambil ngetes kemampuan dirinya, bukan iming-iming 10 liter BBM pertalitenya," ungkap Maryeni.

Ia juga mengisahkan cerita lainnya, karena tidak ada batasan umur maupun wilayah asal, pernah datang salah satunya berasal dari Sulawesi.

"Kemarin sempat ada orang (katanya) dia dari Sulawesi, mungkin lagi main di daerah sini ya, motornya pinjem punya temannya. Dia datang sendiri ke sini bilang 'bu aku mau isi bensin cuma punya uang Rp 4 ribu, aku lihat spanduk di depan itu', ya sudah mending setor (hafalan surat), akhirnya dia setor di sini," ungkap Maryeni.

Tidak hanya itu, konsumen lainnya juga sempat menawar hanya bisa menghafal hingga 10 ayat, namun karena ketentuannya harus 110 ayat maka voucher pun tidak dapat diberikan.




"Ibu-ibu juga pernah menawar hanya 10 surat saja, padahal Al-Kahfi jumlahnya 110 Ayat. Mohon maaf kita tidak bisa berikan ya," ungkapnya.

Terakhir, Maryeni juga pernah mendapati penghafal membawa jerigen untuk menampung bensin. "Ini memang niat ya," ucap Maryeni sembari terkekeh.

"Kita bikin dua voucher, artinya 10 liter itu 5 liter, 5 liter karena mungkin sepeda motor kapasitas tangki lebih sedikit ya," ujar Maryeni. (riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com