Kamis, 09 Mei 2019 17:27 WIB

Keluarga Insinyur Apple Tuntut Mode Autopilot Tesla yang Mematikan

Ridwan Arifin - detikOto
Tesla Model X Foto: Tesla Tesla Model X Foto: Tesla
California - Insinyur Apple, Walter Huang meninggal dunia ketika Tesla yang dikendarainya mengalami kecelakaan pada Maret 2018. Tesla Model X yang dikendarainya jatuh di jalan raya California, Amerika Serikat. Model X milik Huang dalam mode Autopilot ketika menabrak penghalang di Highway 101, di Mountain View, menyebabkan baterai mobil meledak menjadi api.

Dewan Keselamatan Transportasi Nasional melaporkan bahwa mobil telah melaju dari 60 hingga 72 mph dalam waktu 4 detik sebelum kecelakaan. Atas kejadian tersebut, keluarga telah mengajukan gugatan terhadap Tesla dan negara bagian California.



Gugatan itu menuduh bahwa mobil, yang berada dalam mode Autopilot pada saat kecelakaan, adalah "cacat dalam desainnya."

Sebelum kecelakaan terjadi, sistem autopilot diaktifkan selama 32 menit, menurut Dewan Keselamatan Transportasi Nasional dalam laporannya pada Juni 2018.



Gugatan itu menuduh fitur Autopilot Tesla cacat dan menyebabkan kematian Huang, kata sebuah pernyataan dari pengacara yang mewakili keluarga Huang.

"Sistem navigasi Tesla milik Huang salah membaca garis jalur di jalan, gagal mendeteksi median beton dan gagal memperlambat mobil, malah mempercepat mobil ke dinding beton," ucapnya. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed