Selasa, 07 Mei 2019 07:35 WIB

Berita Terpopuler

Motor Hilang di Masjid Ini Diganti Baru, Xpander Vs Avanza di IIMS

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Usman Hadi/detikcom Foto: Usman Hadi/detikcom
Jakarta - Tindak kriminal curanmor alias pencurian kendaraan bermotor masih kerap terjadi. Tempat kejadian pun tak hanya di tempat-tempat ramai, lingkungan masjid pun turut incaran. Tapi detikers tak perlu khawatir saat memarkir sembari beribadah di masjid Jogokariyan Yogyakarta. Motor yang hilang di lokasi masjid bakal diganti.

Persaingan antara Avanza dan Xpander masih terus memanas. Penjualan keduanya pun saling bersaing saat melantai di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 yang telah berakhir. Mana yang terlaris? Simak selengkapnya dalam rangkuman berita otomotif terpopuler sepanjang Senin (6/5/2019) berikut.

1. Motor Hilang Saat Ibadah di Masjid Ini, Langsung Diganti Baru

Salah satu kekhawatiran besar pengendara motor saat parkir di lingkungan masjid adalah tindakan kriminal curanmor (pencurian kendaraan bermotor). Sebab umumnya pihak pengurus masjid tidak memberikan jaminan atas barang atau kendaraan bermotor yang hilang di lokasi parkiran.

Namun situasi berbeda terjadi di masjid Jogokariyan Yogyakarta, di mana pengurus Masjid memberi jaminan atas barang atau motor milik jama'ah yang hilang di lokasi sekitar masjid. Barang atau motor yang hilang itu akan diganti.

"Jika Anda kehilangan sendal, sepatu, sepeda, sepeda motor di masjid (Jogokariyan) ini akan kami ganti baru dengan merek yang sama," tegas Ketua Dewan Syuro TakmirMasjidJogokariyan M Jazir ASP, kepada detikcom.

Tak hanya memberi kenyamanan kepada jamaah yang beribadah di masjid Jogokariyan, sebagai takmir masjid, Jazir juga sudah melakukan sejumlah pembaruan, di mana dia mulai menjalankan manajemen pengelolaan masjid secara kreatif dan inovatif.

Motor Hilang saat Ibadah Diganti Baru, Xpander Vs Avanza di IIMSFoto: Usman Hadi/detikcom


Misalnya, ketika di masjid-masjid lain para pengurus lebih suka mematikan lampu dan mengunci pintu masjid setiap kali usai waktu shalat, Jazir justru punya pikiran sebaliknya.

Menurut mantan dosen Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan UII Yogyakarta itu, tagihan listrik yang membengkak sebagai akibat masjid 'dibuka' terus, nantinya akan diimbangi dengan pemasukan infaq dan sodaqoh dari para jamaah yang salat.

"Kecenderungan selama ini banyak orang dipilih menjadi pengurus masjid itu yang kikir-kikir," terang Jazir.

2. Xpander Vs Avanza, Mana yang Lebih Laku di IIMS?

Hampir dua tahun mengaspal, Xpander masih mempunyai daya tariknya tersendiri. Terbukti secara penjualan, Xpander tak kalah dari para kompetitornya yang memiliki wajah lebih segar memasuki tahun 2019 ini.

Dipajang di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, penjualan Xpander masih moncer. Dalam data yang diperoleh detikcom, hingga delapan hari pameran otomotif tahunan itu Mitsubishi berhasil menjual 1.237 unit Xpander.

Xpander masih menjadi tulang punggung dari Mitsubishi sejak diluncurkan pada Agustus 2017. Pada periode yang sama, penjualan Xpander sedikit lebih banyak dari kompetitor utamanya Toyota Avanza.

Toyota dalam catatannya melepas 851 unit Avanza selama delapan hari berjualan di IIMS 2019. Avanza pun masih menjadi mobil berlogo Toyota yang paling laris di ajang IIMS 2019.

Sedangkan hingga penutupan ajang IIMS kemarin, Minggu (5/5/2019), baik Toyota dan Mitsubishi belum memberikan data resmi penjualan sepanjang pameran berlangsung.

Mitsubishi sendiri menargetkan bisa menjual 2.700 unit selama pameran IIMS 2019. Sedangkan Toyota, dalam kurun waktu delapan hari sudah menjual 3.098 unit. Mobil-mobil MPV masih diincar oleh orang Indonesia yang menginginkan mobil baru.

Persaingan antara Avanza dan Xpander masih terus memanas. Dalam setahun terakhir, Xpander dan Avanza masih berebut menjadi yang terlaris di pasar otomotif Indonesia. Keduanya bergantian salip menyalip setiap bulan untuk berebut tahta sebagai raja mobil di Tanah Air.



(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com